Kampanye di Pandeglang, Andika Disambut Puluhan Pesilat Cilik

0
597 views

PANDEGLANG – Antusiasme masyarakat terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut satu, Wahidin Halim-Andika Hazrumy semakin tak terbendung. Kemarin (11/1), kampanye tatap muka yang dilakukan Andika Hazrumy di Kecamatan Cigeulis dan Sobang, Kabupaten Pandeglang, dihadiri ratusan warga di setiap titiknya.

Di Desa Cimanis, Kecamatan Sobang, Andika disambut oleh sekira 50 pesilat cilik Perguruan Persilatan Manderaga. Dengan diiringi alat musik gendang pencak, puluhan pesilat cilik tersebut berbaris teratur di jalan lingkungan seraya memperagakan Silat Manderaga (pertahanan diri).

Guru besar Perguruan Persilatan Manderaga sekaligus tokoh masyarakat setempat Rd Uki Mulki mengatakan, selain pengajaran agama oleh para ustaz, keberadaaan Perguruan Persilatan Manderaga juga bertujuan sebagai pertahanan diri dari pengaruh negatif. “Kami sangat memperhatikan sekali terhadap prinsip-prinsip ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan cinta Tanah Air agar dari sini kemudian Banten menjadi provinsi yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur. Oleh karena itu, keberadaan ustaz dan seni pencak silat menjadi hal wajib di sini,” kata Rd Uli Mulki saat memberikan sambutan pada kampanye tatap muka Andika Hazrumy, kemarin.

Uli Mulki menjelaskan, seluruh warga di Cimanis, Kecamatan Sobang, respek terhadap pasangan yang didukung oleh tujuh partai politik, WH-Andika. Karena selain rajin menyambangi warga hingga ke pelosok wilayah Banten, juga karena kedekatan dengan para ulama dan para tokoh jawara di Banten. “Karena harus diakui bahwa ulama dan jawara adalah tokoh pertahanan dan yang mempertahankan wilayah dari penjajahan dahulu,” tandasnya.

Ia juga berharap, di masa kepemimpinan WH-Andika prinsip-prinsip pertahanan bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat Banten. Baik dari pemenuhan pelayanan dasar, tingkat kesejahteraan, dan juga menjaga tradisi seribu santri sejuta kiai. “Kakek Pak Andika ini juga sahabat saya. Kami sama-sama pernah berjuang menjaga ukhuwah islamiyah. Artinya silaturahmi kami (dengan Andika Hazrumy) sebenarnya sudah terjalin lama,” aku Rd Uki Mulki.

Sementara, Andika mengaku terharu dengan penyambutan masyarakat Cimanis. Ia mengaku bahwa kampanye tatap muka di Desa Cimanis adalah salah satu kampanye termanis selama agenda kampanye. “Terima kasih atas sambutan ini. Saya sangat terharu dan bahagia. Terima kasih kepada abah Uki Mulki atas penyambutan yang sangat luar biasa ini,” kata Andika penuh haru.

Andika mengatakan, perjalanan kunjungan langsung menyentuh masyarakat ini merupakan sudah lebih dari 500 titik selama masa kampanye terbatas yang diagendakan oleh KPU Banten. Dari banyak titik, lanjut Andika, warga di Desa Cimanis, Sobang, ini salah satunya yang antusias.

Andika mengatakan, perkampungan Desa Cimanis ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi Kampung Pencak Silat. Selain regenerasi yang aktif dilakukan, juga perlu pengembangan terhadap perguruan persilatan. “Kampung di Desa Cimanis ini bisa diciptakan brand kampung persilatan seperti pengembangan yang terjadi di wilayah Serang. Ke depan, kami (WH-Andika) akan mendorong pengembangan kampung persilatan sebagai upaya menjaga tradisi Banten,” tegasnya. (*/Radar Banten)