Kampung Bedeng Diklaim Bersih dari Narkoba

CIKEUSAL – Pemerintah Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, menyatakan bahwa lingkungan RW 03, Kampung Bedeng, bebas dari peredaran dan penggunaan narkoba. Makanya, pemerintah desa yakin, kampung ini bisa bersaing dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. 

Sekretaris Desa Panyabrangan Bunyamin mengatakan, klaimnya itu didasarkan pada keberadaan Pondok Pesantren Bani Syifa. Pondok pesantren milik Yayasan Bani Syifa ini merupakan panti rehabilitasi kejiwaan dan korban penyalahgunaan narkoba. Pemuda Kampung Bedeng juga disebutkan sebagai kalangan milenial yang menjauhi narkoba dengan aktif berolahraga.

“Alhamdullilah, kampung ini bebas dari narkoba sehingga generasi muda di sini (Kampung Bedeng-red) adem ayem. Para pemuda juga malu jika terkena narkoba harus di panti, direhabilitasi di kampungnya,” ungkap Bunyamin saat ditemui Banten Raya TV (grup Radar Banten), Selasa (15/10).

Penunjukan RW 03, Kampung Bedeng, diakui Bunyamin, juga karena lingkungannya yang asri. Kampung ini banyak pohon. Dan pertimbangan utama Pemerintah Desa Panyabrangan adalah kesadaran warga Bedeng dalam menjaga kebersihan lingkungannya. “Kampung Bedeng salah satu kampung yang masyarakatnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan mereka. Warga kampung ini juga kompak apabila berhubungan dengan kegiatan lingkungan mereka seperti gotong royong atau kerja bakti,” terangnya.

Ketua RT 12 RW 03, Kampung Bedeng, Aman membenarkan jika kampungnya bersih dari narkoba. Keamanan lingkungan di kampungnya juga cukup terjamin. Ada tiga poskamling yang digunakan warga untuk ronda setiap malam meskipun belum terjadwal dengan baik.

“Kegiatan poskamling ini dilakukan secara sukarela. Nanti, kita akan buat jadwalnya secara resmi,” ujar Aman.

Agar bisa berkompetisi dengan kampung lain di Kabupaten Serang, Aman akan mengimbau warganya untuk membuat indah dan rapi lingkungan rumahnya. Yakni, dengan mengecat pagar rumah warga.

“Lomba ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Khusus untuk Kampung Bedeng, diharapkan juga dapat meningkatkan kekompakan warga, sehingga menjadi lebih bersih,” tutup Aman. (rio/ang/don)