Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang: Total Hadiah Capai Rp900 Juta

Direktur Radar Banten-Banten Raya TV Mashudi (kiri) memaparkan teknis kegiatan lomba Kampung Bersih dan Aman di hadapan Bupati Ratu Tatu Chasanah (dua kiri) dan Wabup Pandji Tirtayasa (dua kanan).

SERANG – Lomba Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang yang digagas Radar Banten bersama Pemkab Serang dan Polda Banten akan di-launching pada 2 Agustus. Total hadiah yang akan diperebutkan pada lomba yang mengedukasi masyarakat tentang kebersihan dan keamanan itu mencapai Rp900 juta.

Hal itu mengemuka pada rapat persiapan lomba oleh tim Radar Banten yang dipimpin langsung Direktur Radar Banten-Banten Raya TV Mashudi bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Serang, Selasa (9/7). Pertemuan juga dihadiri Wakil Bupati Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, dan sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Serang. Antara lain Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rachmat Maulana, Kepala Dinas Pertanian Dadang Hermawan, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Irawan Noor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Suhardjo, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Abdul Wahid, Kepala Dinas Kesehatan Sri Nurhayati, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rudi Suhartanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sri Budi Prihasto, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ahmad Saefudin, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) R Setiawan.

Pada pertemuan itu, Mashudi memaparkan persiapan dan rundown kegiatan lomba Kampung Bersih dan Aman yang akan di-launching pada 2 Agustus. Acara akan dirangkaikan dengan berbagai macam perlombaan. Kategori perlombaan terbagi atas kategori pemula dan kategori berkembang. “Perlombaan akan diikuti oleh seluruh desa, setiap desa mendelegasikan satu RW. Total hadiah Rp900 juta,” paparnya.

Dari dua kategori perlombaan, kata Mashudi, ada beberapa jenis yang akan dilombakan. Di antaranya kampung bersih, kampung berbunga, kampung inovatif, kelompok penggerak lingkungan, kelompok penggerak sadar hukum, dan lain-lain. Pihaknya juga sudah menyiapkan kriteria penilaian dan kategori perlombaan sebagai dasar penilaian dari tim juri untuk memutuskan pemenang lomba.  

Diungkapkan Mashudi, event akan di-launching di 29 kecamatan di Kabupaten Serang secara serentak dengan satu kecamatan yang menjadi tempat simbolis pembukaan. Tujuannya, supaya event digaungkan di tengah-tengah masyarakat dan dapat dipahami oleh masyarakat. “Saya rasa sebagus apa pun event kalau tidak kita gaungkan tidak akan maksimal,” jelasnya.               

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik event yang dinilainya akan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Menurut Tatu, PHBS masih perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Tatu juga menginstruksikan Kepala DPMD Rudi Suhartanto menyosialisasikan event hingga kepada desa-desa agar ikut berpartisipasi dalam perlombaan. Tatu menilai, program sejalan dengan keinginannya yang ingin menjadikan wilayah bersih dan aman. “Saya mendukung penuh lomba agar pelaksanaannya berjalan lancar,” tegasnya.

Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, pihaknya saat ini tinggal menyatukan pemahaman hingga ke level desa supaya pelaksanaannya lancar. Program Kampung Bersih dan Aman, kata Rudi, menjadi ajang perlombaan kebersihan, keindahan, dan keamanan tingkat RW. Katanya, peserta lomba diusulkan pemerintahan desa dan ketua RW akan diikutkan pada kegiatan workshop Kampung Bersih dan Aman. Ia juga menilai, kegiatan lomba akan menjadikan kampung memiliki lingkungan bersih, sehat, dan mandiri dalam mengolah limbah dan perencanaan sanitasi rumah tangga, serta kampung yang aman sehingga terwujud lingkungan nyaman dan layak huni. “Lomba juga akan membentuk kaderisasi warga peduli lingkungan, sehingga memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknis dasar mewujudkan lingkungan bersih dan aman,” ujarnya. (jek/zai/air/ags)