Kampung Bojong Berubah Total, Tim Juri Dinaikkan Odong-odong

TANARA – Wajah Kampung Bojong, khususnya RT 06, RT 07, dan RT 08 di RW 03, Desa Sukamanah, Kecamatan Tanara, berubah total. Di tahap penilaian dua, kemarin (17/12), perkampungan ini lebih bewarna dan bersih.

Begitu pun dengan partisipasi warganya, meningkat sangat signifikan. Di penilaian tahap dua, ratusan warga hadir menyambut tim juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang. Mereka adalah tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ibu-ibu majelis taklim, ibu-ibu pengajian, ketua RT, ketua RW, sekretaris desa, kepala desa, perwakilan kecamatan, dan masyarakat umum.

Anak-anak juga tidak mau ketinggalan. Mereka ikut menyambut tim juri dengan riang gembira. Sesekali, mereka menyalami tim juri yang mendatangi kampung mereka. Sementara, pada penilaian tahap satu, November lalu, hanya dihadiri oleh kepala desa, sekretaris desa, babinsa, dan bhabinkatibmas saja.

Menariknya, saat tim juri akan ke lokasi penilaian sekira pukul 13.30 WIB, diarak dengan menaiki odong-odong dari kantor Desa Sukamanah. Jaraknya sekira dua kilometer. Dalam perjalanan itu, warga yang berada di pinggir jalan mengelu-elukan tim juri. Saat tiba di lokasi, langsung disambut tim kasidahan dan ratusan warga dengan antusias. Banyak warga yang langsung mengabadikan momen itu dengan kamera ponselnya.

Tim juri dari Distan Kabuopaten Serang drh Rina Firmanilah Usman mengatakan, perubahan sangat signifikan terjadi soal partisipasi warga saat penilaian. “Hari ini (kemarin-red), warga yang hadir ada ratusan. Sangat luar biasa,” ujarnya.

Begitu pula dengan jalan paving block yang sudah dicat dengan warna-warna cerah di sepanjang jalur penilaian. Di salah satu sudut jalan, warga pun membuat dua ondel-ondel raksasa sebagai tempat swafoto.

Hal senada disampaikan tim juri dari unsur Polda Banten, Kompol Alimuda Pulungan. Kata dia, perubahan yang dia lihat dari pos ronda, telah dipercantik dengan cat baru. “Kami mengapresiasi yang sudah dilakukan warga,” tandasnya.

Sementara, Kepala Desa Sukamanah Pakri bersyukur, partisipasi warga di penilaian kedua sangat luar biasa. “Kami berharap, di lomba-lomba mendatang, akan lebih baik lagi. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua warga,” pungkasnya. (alt/don/ags)