SERANG – Pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin memilih Provinsi Banten sebagai lokasi kampanye perdana lantaran Banten tempat kelahiran Ma’ruf Amin.

Calon petahana ingin memaksimalkan tanah kelahiran mantan Rois Am PB Nahdlatul Ulama sebagai basis untuk mendulang suara di Pemilu 2019. Terlebih pada Pemilu 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla tertinggal cukup jauh dari rivalnya, Prabowo yang pada 2014 berpasangan dengan Hatta Rajasa.

“Alasan kita memilih Banten karena Banten merupakan kampung halaman pak Kiai Ma’ruf sehingga untuk kampanye perdana ini pak Kiai Ma’ruf akan bersama-sama di Banten,” kata Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy saat meninjau Stadion Maulana Yusuf, Sabtu (23/3).

Seperti diketahui, malam ini Ma’ruf akan mengisi ceramah Arus Baru Indonesia. Sedangkan pada Minggu (24/3) giliran Jokowi yang akan melakukan kampanye perdananya yang dipusatkan di Stadion Maulana Yusuf.

Selain alasan tanah kelahiran, kampanye terbuka perdana di Banten, kata Lukman, karena pembagian kampanye umum itu oleh KPU di bagi zona A dan zona B. Kebetulan, untuk kampanye pertama dapat Zona A di mana Banten masuk di dalamnya. “Setelah kampanye di Banten, untuk kampanye ini TKN juga akan mengerahkan semua tokoh, ketua umum untuk melakukan kampanye,” ujarnya

Jadi, dituturkan Lukman, saat kampanye nanti bukan hanya Jokowi sebagai capres kemudian Mar’uf Amin sebagai cawapres, tapi ada juga para ketua umum partai. “Kemudian tokoh nasional, artis pendukung itu juga akan diberi lokasi kampanye, semua menyebar. Jadi kita ini bukan kaya rombongan anak ayam main sepak bola ke mana induknya pergi ke sana kita pergi,” ucapnya. (Ken Supriyono)