Kampung Internet di Pojok Perkampungan Desa Sodong

0
275
Kepala Desa Sodong Dony Bambang P di kantor desa.

TANGERANG– Pemerintah Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, gencar membentuk Kampung Internet. Program internet murah ini menyasar hingga pojok kampung tahun ini. Pemerintah desa ingin mewujudkan desa EMAS. Bermartabat, Mandiri, Sejahtera.         Kepala Desa Sodong Dony Bambang P mengatakan, Kampung Internet mulai dijalankan pada 2018. Program ini menjadi salah satu unit usaha milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mutiara Karya Sejahtera (MKS).

”Sasaran program ini di pojok-pojok kampung agar mudah mengakses internet. Sekarang kan serba gadget (gawai-red), jadi warga bisa hemat akses internet dibanding beli kuota reguler,” kata Kepala Desa Sodong ke-8 ini di ruang kerjanya, Kantor Desa Sodong di Jalan KH Moch Ahyar Nomor 1 Tangerang.

Internet murah ini, lanjut Dony, ditargetkan bisa terpasang di setiap rumah warga Sodong. ”Kalau dihitung, paket internet ini lebih murah. Reguler untuk orang pribadi cuma sekitar Rp200 ribuan per bulan. Bisa dipakai untuk lima pengguna di dalam satu rumah,” jelas alumnus Jurusan Ekonomi di Untirta tahun 2001-2006 itu.

Saat ini, jelas Dony, pemasangan internet murah dari desa itu sudah menyebar di empat kampung. Yakni, Kampung Sodong, Kampung Sodongmasjid, Kampung Sodong Sanggar Kegiatan Belajar, dan Kampung Sodong Cirajieun.

Kepala BUMDes Mutiara Karya Sejahtera (MKS) Hendra Winata menerangkan, selain pemasangan perangkat keras di tiap rumah warga, internet juga bisa dinikmati warga melalui pembelian voucher. Yakni, Rp2.000 untuk satu jam, Rp5.000 untuk satu hari, dan Rp20.000-Rp50.000 untuk satu bulan.

”Voucher itu bisa digunakan untuk satu pengguna saja. Voucher-nya kami jual di warung-warung warga, memudahkan warga, dan mendukung usaha warga,” kata Hendra.

Untuk mengembangkan Kampung Internet, Pemerintah Desa Sodong menganggarkan Rp30 juta. Dengan nilai anggaran ini, jaringan internet bisa diperluas hingga mencakup satu desa.

BUMDes Mutiara Karya Sejahtera juga memiliki unit usaha simpan pinjam, furniture dan peralatan memasak, penjualan makanan ringan dan produk usaha kecil milik warga, serta unit usaha lain. Unit usaha BUMDes bentukan tahun 2016 ini merealisasikan visi dan misi Pemerintah Desa Sodong. Yakni, bina dana, bina produk unggulan, bina karakter, bina sinergi, dan bina saudara.

Wujud bina karakter adalah pembentukan BUMDes Mutiara Karya Sejahtera. BUMDes ini beranggotakan 14 orang. Ke-14 orang ini hasil penyaringan pelatihan bina karakter yang diikuti oleh 100 orang.

Kantor Desa Sodong juga dilengkapi perpustakaan. Buku-buku di dalamnya, dimanfaatkan oleh peserta pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) di sekitar kantor desa. Posko kesehatan juga melengkapi fasilitas kantor desa. Warga bisa mengaksesnya secara gratis.

Desa Sodong diperkirakan sudah ada sejak 1940. Desa seluas 434 hektare ini memiliki penduduk 10.409 jiwa. Desa ini dekat dengan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Ada 33 lingkungan rukun tetangga (RT), sembilan rukun warga (RW), dan tiga kejaroan.

Desa ini disebut pula sebagai miniatur Indonesia. Karena, di Sodong terdapat tempat ibadah berbeda agama. Ada masjid, pura, wihara, dan gereja. (pem/rb/sub)