‘Kampung Konveksi’ Siap Menjadi yang Terbaik

PAMARAYAN – Kampung Lemburkandang dikenal sebagai kampung penghasil konveksi. Saat ini, lingkungan RW 004, perkampungan di Desa Pasirkembang, Kecamatan Pamarayan itu sedang mempersiapkan diri mengikuti Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Warga dan pengurus RW bertekad untuk menjadi yang terbaik.

Di Kampung Lemburkandang ada empat pengusaha konveksi rumahan. Tiap konveksi mempekerjakan sekira 40 hingga 60 warga setempat. Oleh Pemerintah Desa Pasirkembang, kampung itu dijadikan utusan dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman lantaran warganya dianggap peduli memelihara lingkungan.

Ketua RT 13 RW 004, Kampung Lemburkandang, Sukarmin mengaku, kaget ketika mengetahui kampungnya didaftarkan menjadi peserta lomba. Tapi, setelah mendapat penjelasan dari pihak pemerintah desa, ia dan pengurus RT serta RW akan berusaha maksimal memenangkan perlombaan untuk menciptakan kampung indah, bersih, dan aman tersebut.

“Kampung kita memang terkenal sebagai kampung konveksi. Di mana, kampung kita memiliki empat konveksi. Kebanyakan warga kampung kita yang bekerja,” tegas Sukarmin kepada Radar Banten, Senin (26/8).

Dari sisi kebersihan, Sukarmin menjelaskan, tercipta karena warga rutin melakukan gotong royong tiap bulan atau tergantung kondisi rumput dan semak belukar di sepanjang jalan kampung. Kesadaran warga Lemburkandang akan kebersihan dapat dilihat dari kebersihan lingkungan tiap rumah warganya.

“Alhamdulillah, gotong royong berjalan. Setahun tiga kali mah pasti. Tergantung kondisi rumput,” terangnya.

Untuk keamanan lingkungan, Sukarmin mengaku, mengandalkan ronda. Ada dua pos kamling di kampungnya. Setiap malam, warga bergiliran melaksanakan ronda malam. Pemuda di Lemburkandang pun, lanjut Sukarmin, ikut aktif ronda malam. “Kadang, kebanyakan anak muda menjaga lingkungan. Tahu sendiri bapak-bapak mah, jam satu malam juga sudah masuk rumah,” tuturnya.

“Memang tidak dijadwal. Alhamdulillah, selama ini, kesadaran masyarakat ada. Paling kita koordinasi dengan babinsa,” tambah Sukarmin.

Ia mengaku, keterlibatan Lemburkandang dalam perlombaan tersebut bisa mendorong partisipasi warga dalam menciptakan keamanan dan kebersihan lingkungan. Sukarmin pun berharap, kampungnya bisa bersaing dengan kampung-kampung lain di Kabupaten Serang.

Sementara itu, staf Pemerintah Desa Pasirkembang Sakim mengaku, telah menyosialisasikan Kampung Bersih dan Aman kepada pengurus RW dan RT di Lemburkandang. “Pak kades dan sekretaris desa sudah memberikan bimbingan dan arahan, tinggal pelaksanaan. Semoga mendapatkan hasil yang baik,” pungkasnya. (fdr/don/ira)