Kandidat Walikota Tanggapi Santai Hasil Penelitian FISIP Untirta

0
137

SERANG – Sejumlah kandidat bakal calon walikota Serang yang akan bertarung untuk maju pada Pilkada Kota Serang tahun depan, menanggapi santai hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untirta.

Dalam survei yang dilakukan tim peneliti FISIP Untirta sejak 28 Agustus sampai 5 September itu. Bakal calon walikota Serang Vera Nurlaela Jaman unggul dalam tingkat popularitas. Begitu pula berdasarkan elektabilitas, bakal calon walikota Serang Nuraeni menduduki posisi teratas.

Bakal calon walikota Serang yang juga Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin menanggapi santai hasil penelitian yang dilakukan terhadap 600 koresponden tersebut. “Sah-sah saja hasilnya. Saya juga sangat mengapresiasi dan menghargai survei yang dilakukan teman-teman FISIP Untirta,” ujar Subadri, Selasa (19/9).

Kata dia, hasil survei masing-masing lembaga biasanya berbeda. Berdasarkan hasil dua lembaga lain yang diketahuinya, ia justru menduduki posisi teratas. Sementara berdasarkan hasil survei yang dilakukan FISIP Untirta, Subadri justru menduduki posisi ketujuh dalam tingkat popularitas. Dalam tingkat elektabilitas, ia menempati posisi keenam. “Waktu pelaksanaan pilkada juga masih lama, hasilnya nanti juga belum tentu sama dengan survei. Yang pasti saya akan berikhtiar,” tuturnya. Bahkan, hasil survei itu akan dijadikan motivasi.

Hal senada juga disampaikan bakal calon walikota Serang Wahyudin Djahidi. Wahyu mengaku tidak ada masalah terhadap hasil survei yang dilakukan FISIP Untirta. Dari 22 nama bakal calon yang ditanyakan tim peneliti FISIP Untirta kepada koresponden yang tersebar di enam kecamatan di ibukota Provinsi Banten ini, Wahyudin menduduki posisi kesembilan dalam tingkat elektabilitas dan posisi keempat dalam tingkat popularitas. “Kita lihat hasilnya saja nanti. Bagaimana pun masyarakat nanti yang menentukan,” ujar pria yang baru saja pulang dari tanah suci ini. Namun, ia juga akan menjadikan hasil survei ini sebagai motivasi.

Bakal calon walikota Serang lainnya Syafrudin juga sama. Ia santai saja melihat hasil survei yang dilakukan FISIP Untirta. Dalam data yang disajikan FISIP Untirta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Serang ini menduduki posisi keenam dalam tingkat popularitas. Dalam tingkat elektabilitas, posisinya melorot di posisi ke-13. “Ya tidak apa-apa,” ujarnya sembari tertawa. Ia mengaku timnya juga melakukan survei dan hasil suaranya pun lumayan bagus karena masih masuk dalam lima besar. (Rostinah/RBG)