Kantor Imigrasi Serang Canangkan Pembangunan

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R Andika Dwi Prasetya (kiri) menerima surat hibah lahan dari Walikota Serang Syafrudin di Aula Setda Pemkot Serang, Kamis (2/7).

Terima Hibah Lahan dari Pemkot

SERANG – Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang menerima hibah tanah seluas 10.000 meter persegi dari Pemkot Serang. Serah terima ini dilakukan di Aula Setda Pemkot Serang, Kamis (2/7).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, R Andika Dwi Prasetya, Walikota Serang Syafrudin, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Syamsul Efendi Sitorus dan tamu undangan lainnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R Andika Dwi Prasetya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Serang atas pemberian hibah lahan untuk pembangunan kantor Imigrasi Kelas I Serang. “Dengan hibah ini, kami akan mengusulkan ke Kementrian untuk pembangunan gedung,” ujarnya. 

Pria yang akrab disapa Andika itu menjelaskan, keberadaan lahan yang berlokasi di Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka bakal meningkatkan pelayanan keimigrasian pada masyarakat Kota Serang dan mengkover beberapa masyarakat di kabupaten/kota, seperti Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang. “Mudah-mudahan dalam bentuk kerja sama lainnya bisa kita bangun, yang satu kepentingan yaitu untuk kepentingan bangsa dan negara. Melayani kebutuhan masyarakat,” katanya.

Andika mengatakan, tahapan selanjutnya, Kanwil Kemenkumham Banten akan mengurus administrasi alih kepemilikan sampai terbitnya sertifikat. “Dengan dasar itu kami akan mengucurkan pengusulan pada kementrian untuk membiayai pembangunan kantor Imigrasi tersebut. Semoga secepatnya,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, pemberian hibah lahan bagi Kemenkumham membutuhkan waktu tak kurang dari enam bulan. Syafrudin menegaskan, hibah lahan tersebut bukan untuk pribadi, melainkan untuk kepentingan pemerintah, negara dan masyarakat. “Kami berharap, setelah diberikannya tanah ini, silakan urus administrasinya sampai jadi sertifikat dan mudah-mudahan cepat dibangun sehingga masyarakat Kota Serang bisa menikmati manfaatnya,” terangnya.

Kata Syafrudin, proses tahapan pemberian hibah didampingi langsung oleh Kemenkumham Banten melalui Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang. Ini untuk memastikan pemberian hibah sudah sesuai dengan ketentuan berlaku.

“Otomatis tanahnya juga sudah diserahkan, jadi bukan kertas saja yang diserahkan akan tetapi sudah diserahkan semua, sekarang terserah penerima mau diapakan,” pungkasnya. (*)