Kondisi Kantor Kecamatan Cibadak di Kampung Galihnangtung, Desa Panancangan, Jumat (4/1/2019). Foto: Mastur  

CIBADAK – Pemerintah Kabupaten Lebak segera merelokasi kantor Kecamatan Cibadak, yang terdampak proyek pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang (Serpan), dari Kampung Galihnangtung, Desa Panancangan ke Kampung Pasireurih. Lokasinya kantor baru ini kurang lebih satu kilometer dari kantor kecamatan yang lama.

“Masyarakat mengusulkan beberapa lokasi untuk kantor kecamatan. Usulan tersebut kita tampung dan selanjutnya disampaikan kepada Bupati Lebak,” kata Camat Cibadak Rahmat di ruang kerjanya, Jumat (4/1/2019).

Saat ini pihaknya sedang menunggu surat keputusan (SK) Bupati Lebak untuk penetapan lokasi kantor kecamatan yang baru. Setelah ada SK penetapan, kantor kecamatan baru akan segera dibangun. Lokasinya strategis dan lahannya luas sehingga tersedia lahan parkir dan ruang terbuka hijau.

“Saya belum bisa sebutkan lokasi kantor kecamatan yang baru. Yang jelas, lahannya telah tersedia dan jika sudah ada SK penetapan maka akan langsung dibebaskan. Selanjutnya, pembangunan kantor baru bakal direalisasikan,” ungkapnya.

Sebelum kantor baru dibangun, PT Wijaya Karya mempersilakan pemerintah Kecamatan Cibadak untuk tetap menempati kantor tersebut supaya pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu.

Di Cibadak sendiri, kegiatan pembangunan jalan tol Serpan berjalan lancar. PT Wijaya Karya sudah mulai melakukan clearing (pembersihan jalur tol). Bangunan dan pohon yang terlintasi jalan tol dibersihkan.

Terpisah, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Lebak menjelaskan, lokasi kantor kecamatan yang baru di Kampung Pasireurih, Desa Panancangan.

“Kantor Kecamatan Cibadak memiliki luas 6.000 meter lebih. Tapi, yang terdampak pembangunan jalan tol 4.000 meter. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tetap akan membayar 2.000 meter sisa lahan di lokasi tersebut,” terangnya. (Mastur)