Kantor Pos Cilegon Ajak Warga Bersih-bersih

Kantor Pos Cilegon
Kepala Cabang Kantor Pos Cilegon, Risna. (Foto: Dok. RB)

CILEGON – Kantor Pos Cilegon memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari dengan menggelar kegiatan bersih-bersih. Sebanyak 100 karyawan dan keluarga karyawan Kantor Pos Cilegon terlibat aksi ini di sekitar Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon, Minggu (21/2/2016) pagi.

Risna, Kepala Cabang Kantor Pos Cilegon mengatakan bahwa aksi bersih-bersih sampah dilakukan secara serentak di 200 cabang Kantor Pos di seluruh Indonesia. “Kami ingin menggerakkan masyarakat, terutama insan PT Pos Indonesia untuk bisa menghargai diri, lingkungan, dan negara ini. Caranya dengan bersih-bersih lingkungan,” kata Risna, seperti dilansir Harian Radar Banten.

Dipilihnya lingkungan Masjid Agung Cilegon sebagai lokasi bersih-bersih karena sebagai sentra pertemuan dan aktivitas warga Cilegon. “Tidak jauh dari sini juga ada salah satu kantor kami, yakni Kantor Pos Cabang Jombang Tangsi. Selain di Masjid Agung, kita juga bersihkan selokan ke arah stasiun,” katanya.

Sementara itu, dalam siaran persnya, Dirut PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W Setijono menyatakan, seluruh pegawai Kantor Pos di seluruh Indonesia secara serentak melakukan aksi bersih-bersih kantor. Salah satunya dengan memilah sampah kantor dan turun ke jalan. “Seluruh karyawan Pos Indonesia ditantang untuk bisa berpartisipasi secara aktif menjaga kebersihan, memilah sampah kantor, serta berbagi dengan para petugas kebersihan,” ujarnya.

Gilarsi menjelaskan, sebenarnya ada empat tantangan dalam kegiatan, pertama, aksi bersih tanda peduli yakni membuat acara bersih-bersih di Kantor Pos dan melakukan pilah sampah. Kedua, memilah dan mendulang arti yakni mengumpulkan dan memilih sampah untuk dijual hingga minimal mendapatkan pemasukan Rp25 ribu.

Ketiga, kata dia, berbagi senyum dan cerita pagi, yakni mengikuti aktivitas para petugas kebersihan di pagi hari. Sedangkan keempat, silaturahim membuka hati yakni mengundang petugas kebersihan datang ke kantor untuk berbagi cerita suka dan duka selama menjadi petugas kebersihan.

“Karyawan Pos harus mampu menunjukkan bahwa dirinya teladan. Untuk itu, kami menginisiasi Pos Indonesia Bergerak, sebuah bentuk aktivitas sosial internal dari Pos Indonesia untuk mengoptimalkan berbagai bentuk kegiatan employee engagement sehingga mampu memberikan dampak positif secara lebih luas,” imbuh dia. (RB/mg01-kcm/ibm/ags)