Kanwil Ditjen Perbendaharaan Banten: Belajar Literasi Tingkatkan Pemahaman Wewenang

0
320 views

SERANG – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten ingin belajar mengenai literasi. Ini merupakan hal penting bagi para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan.

Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten Tardin Hidayat mengatakan, literasi mengenai jurnalistik ini merupakan hal penting karena pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten harus bisa membuat tulisan agar kemampuan litetasi semakin meningkat.

“Tulisan ini akan dinilai kantor pusat dan ada sejumlah poin yang didapatkan para pegawai,” katanya saat usai kunjungan ke Radar Banten, Kamis (10/10). Ia bersama Kasubag Penilaian Kinerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten Chaeroni mengunjungi Radar Banten. Ia diterima Pemimpin Redaksi Radar Banten Delfion Saputra dan Dewan Redaksi Radar Banten Ahmad Lutfi.

Kanwil yang bertugas menyalurkan APBN ini berencana menggelar pelatihan jurnalistik bagi para pegawai pada pekan depan.  “Dengan pelatihan jurnalistik, para pejabat bisa semakin memahami literasi dan menulis sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing,” katanya.

Ia berharap, dengan pelatihan jurnalistik, para pejabat terkait bisa memublikasikan materi yang ditulis untuk memperkenalkan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten kepada masyarakat luas. “Saat ini, masyarakat belum banyak yang mengenal kanwil ini dan kalah popularitasnya dengan dirjen di bawah Kementerian Keuangan lainnya,” harapnya.

Pemimpin Redaksi Radar Banten Delfion Saputra menyambut baik rencana Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten untuk menggelar pelatihan. Menurutnya, menulis sama hal seperti belajar mengendarai mobil, perlu sering latihan dan harus sering membawa mobil agar kemampuan menulis semakin terasah. Selain itu, tulisan yang dibuat bisa dipublikasikan di media massa salah satunya Radar Banten. Dengan tulisan yang terpublikasi akan memberikan kebanggaan bagi penulis dan bisa mendapatkan pengalaman dari segi tulisan yang dibuat. “Dari tulisan tersebut, penulis bisa mengetahui respons dan masukan dari para pembaca,” katanya. (skn/aas/ags)