CILEGON – Kapal Arjuna Sakti yang berlabuh di pelabuhan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), Ciwandan, Kota Cilegon dibajak oleh sekelompok teroris. Akhirnya baku tembak antar kelompok teroris dengan petugas keamanan pun tak terelakkan.

Ini merupakan alur cerita dalam simulasi penanganan terorisme yang digelar oleh club airsoft gun spring  dalam rangka memeriahkan Hut PT KBS ke-22, Minggu (4/3).

Ketua Pelaksana kegiatan simulasi tersebut, Dadang Rohman mengisahkan alur cerita simulasi tentang pembebasan kapal dan pelabuhan yang telah diduduki oleh teroris. Baku tembak terjadi sekitar 2 jam. 

“Skenarionya dibagi menjadi beberapa tim. Digambarkan ada benteng pertahanan dan gedung perkantoran juga yang dikuasai teroris. Awalnya sekurity diserbu pasukan teroris, kemudian sekuritinya meminta bantuan untuk pembebasan ini,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pelaksana kegiatan terdiri dua club airsoft guns spring yaitu Banten Airsoft Guns Team dan Bukit Tengkorak Air Soft Guns Spring yang membawahi Perbakin Kota Cilegon.

“Peserta kurang lebih ada 100 itu dari club Lampung, Karawang, Bogor, Banten, Jakarta dan Bandung. Sebagai teroris 50 personel. Dan 45 personel dari pasukaan spesial force,” terangnya.

Sementara itu, Sekper PT KBS Dedi Juwanda berharap simulasi milter tersebut menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya dalam memperingati Hut PT KBS. Apabila dalam kegiatan tersebut ada faktor pendukung yang dirasa kurang ia minta dimaklumi. “Kalau PT KBS hanya menyiapkan tempat saja,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)