Kapal Ferry Tabrak Tembok Penahan di Dermaga 4 Pelabuhan Merak

0
1287

CILEGON – Kapal Ferry KM Rishel dikabarkan menabrak bangunan beton breasting dolphin di Dermaga 4 Pelabuhan Merak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Untuk diketahui, breasting dolphin atau dolphin penahan merupakan konstruksi yang mempunyai ukuran besar, karena dia direncanakan untuk menahan benturan kapal ketika berlabuh dan menahan tarikan kapal karena tiupan angin, arus dan gelombang.

Alat ini dilengkapi dengan fender untuk menahan benturan kapal dan boler untuk menempatkan tali kapal, guna menggerakkan kapal di sepanjang dermaga dan menahan tarikan kapal. 

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Banten Endi Suprasetio membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, kejadian kecelakaan itu terjadi pada Kamis (28/1) malam sekira pukul 22.00 Wib.

Menurutnya berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten akibat kecelakaan itu terdapat kerusakan pada plat kapal tepatnya di ruang control kemudi.

“Penyebab dari kejadian tersebut berdasarkan keterangan dari nahkoda ialah arus dan angin yang berlawanan yaitu arus mengarah dari selatan ke utara dan angin yg mengarah dari utara ke selatan dengan kecepatan 20 sampai dengan 24 knots sehingga kapal kesulitan untuk sandar dan menabrak breasting dolphin Dermaga IV,” ujar Endi, Jumat (29/1).

Kemudian dilakukan pengecekan di mulai dari pengecekan kesesuaian crew dengan crew list, deck log book, bow thrusters, pengecekan personil kamar mesin, dan area engecekan di area kerusakan

“Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut tidak ada korban baik kendaraan maupun orang dan juga tidak ada kerusakan pada komponen mesin ataupun hal-hal yang menyebabkan kapal tidak dapat dioperasikan,” ujarnya. (Bayu Mulyana)