Kapolda Banten Berganti

Irjen Pol Tomsi Tohir

SERANG – Pucuk pimpinan tertinggi Kepolisian Daerah (Polda) Banten diganti. Jabatan Kapolda Banten bakal dipercayakan kepada Inspektur Polisi (Irjen) Pol Agung Sabar Santoso. Sementara Irjen Pol Tomsi Tohir mendapat jabatan baru sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mutasi perwira tinggi (pati) kepolisian ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3331/XI/KEP/2019 pada Sabtu (20/12) lalu. “Iya benar mutasi tersebut (pergantian Kapolda Banten-red). Surat telegramnya  keluar Sabtu kemarin. Mutasi itu bukan hanya untuk Kapolda Banten saja, tapi ada pati (perwira tinggi-red) lain (dimutasi-red),” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, Minggu (22/12).

Namun, pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) dan pelantikan dua petinggi polri ini belum dapat dipastikan. “Waktunya belum tahu (sertijab dan pelantikan-red) tapi biasanya tidak lama lagi. Nanti dilaksanakan di Mabes Polri (sertijab-red),” kata Edy.

Berdasarkan penelusuran Radar Banten, Agung Sabar Santoso adalah alumnus Akpol 1984. Pria kelahiran Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ini pernah menempati jabatan penting. Di antaranya, Wakapolda Lampung pada 2009, Direktur Tipidum Bareskrim Polri 2010, Direktur Kerja Sama BNN 2014, Kapolda Sulawesi Tenggara 2015 dan Asrena Kapolri 2019. “Beliau (Irjen Pol Agung Sabar Santoso-red) saat ini menjabat Asrena Kapolri,” ujar Edy.

Lelaki kelahiran 12 Juni 1962 yang menekuni bidang reserse ini baru kali ini dipercayakan bertugas di Banten. Mutasi ini memang bertujuan untuk pembinaan karir, penyegaran organisasi dan pergantian terhadap anggota Polri yang memasuki masa pensiun. “Mutasinya itu sifatnya biasa, dalam rangka pembinaan karir, penyegaran organisasi, promosi terhadap anggota Polri,” kata Edy.

Tomsi telah menjabat sebagai Kapolda Banten selama satu tahun lebih. Tomsi yang masih menyandang bintang satu di pundaknya itu menggantikan Brigjen Pol Teddy Minahasa yang digeser menjadi Wakapolda Lampung.

Beberapa bulan kemudian, status Polda Banten berubah dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A. Sehingga, Tomsi diganjar kenaikan pangkat menjadi Irjen Pol.

Selama menjabat kapolda, Tomsi terbilang sukses. Beberapa kasus pembunuhan dan perampokan berhasil diungkap. Begitu juga penanganan perkara lain seperti kasus mafia tanah.

Satgas Antimafia Tanah mendapat penghargaan dari Menteri Agraria Tata Ruang BPN RI Sofyan Djalil lantaran berhasil mengungkap kasus mafia tanah. Selain itu, Kapolri yang kala itu dijabat Jenderal Polisi Tito Karnavian memberi penghargaan kepada Polda Banten. Bidang Humas Polda Banten mendapat penghargaan terbaik sebagai Humas Polda tipe A.

Selain penghargaan tersebut Polda Banten berhasil menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pengamanan mudik, pemilu serentak 2019, pilkades serentak dan yang lainnya berjalan kondusif. “Semuanya berkat sinergi semua pihak kita dapat menjaga kamtibmas,” tutur Edy. (mg05/nda/ags)