Kapolda Banten Diganti

0
2580

SERANG – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengganti Kapolda Banten yang saat ini diemban oleh Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Fiandar. Pergantian tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/3435/XII/KEP/2020 dan ST/3436/XII/KEP/2020.

Surat telegram tertanggal Kamis (10/12) tersebut ditandatangani oleh  Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Berdasarkan surat telegram tersebut, jabatan Kapolda Banten akan diemban oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri.

Sedangkan Irjen Pol Fiandar akan menggantikan posisi Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho sebagai Kadivkum Polri. “Iya beliau (Irjen Pol Fiandar-red) akan menjabat sebagai Kadivkum Polri,” ujar Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata kepada Radar Banten kemarin.

Irjen Pol Fiandar mengemban tugas sebagai Kapolda Banten hampir selama tujuh bulan. Ia dilantik di Mabes Polri pada Jumat (8/5) menggantikan Irjen Pol Agung Sabar Santoso yang saat itu akan memasuki masa pensiun. Selama memimpin Polda Banten, Irjen Pol Fiandar dinilai berhasil dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Ujian kamtibmasnya terakhir yakni pelaksanaan pilkada serentak 2020 di tiga daerah yang masuk wilayah hukumnya. Pelaksanaan pilkada tersebut telah berjalan aman dan lancar. Terciptanya kamtibmas yang aman tersebut tidak lepas dari persiapan pengamanan dan sinergitas antara Polri dan instansi terkait dalam menghadapi pilkada serentak.

Kinerja yang baik Irjen Pol Fiandar memimpin Polda Banten membuatnya dipromosikan Kapolri sebagai Kadivkum Polri yang baru. “Beliau (Irjen Pol Fiandar-red) mendapat promosi jabatan,” ujar perwira menengah Polri tersebut.

Berdasarkan surat telegram, kata Edy, Kapolri tidak hanya mengganti Kapolda Banten. Terdapat perwira tinggi (pati) Polri yang turut dimutasi. Seperti,  Dirsosbud Baintelkam Polri Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Joseph Wisnu Sandjaya dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama bidang Sosbuk Baintelkam Polri.

Kemudian, Wagub Akpol Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Agus Salim dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Bindiklat Lemdiklat Polri. “Ada beberapa pati Polri yang turut dimutasi,” kata mantan Kapolres Kampar, Provinsi Riau, ini.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Radar Banten, Kapolda Banten yang baru Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho merupakan alumni sekolah perwira Polri 1993. Ia berpengalaman di bidang reserse. Sejumlah jabatan strategis pernah diemban oleh pria kelahiran Jakarta 52 tahun silam.

Mulai dari Kapolres Cimahi, Jabar, pada 2010, Kapolres Metro Jakarta Barat 2015, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya 2016, Direktur Tipidter Bareskrim Polri 2017, Direktur Tipideksus Bareskrim Polri 2018 dan jabatannya lainnya. “Informasinya Beliau juga pernah menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri pada 2019,” pungkas Edy. (mg05/alt)