Kapolda Banten Naik Pangkat Jadi Irjen

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir (kiri) beserta istri dan Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan (kanan) beserta istri foto bersama usai upacara kenaikan pangkat di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/12).

SERANG – Kapolda Banten Tomsi Tohir resmi menyandang pangkat jenderal polisi bintang dua atau inspektur jenderal (irjen). Upacara kenaikan pangkat itu dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/12).

“Betul naik pangkat. Upacaranya di Mabes Polri,” kata Kabid Humas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Edy Sumardi Priadinata dihubungi Radar Banten, kemarin (27/12).

Selain Tomsi, Wakapolda Banten Tomex Kurniawan juga mendapatkan kenaikan pangkat dari komisaris besar (kombes) menjadi jenderal bintang satu atau brigadir jenderal (brigjen).

“Setelah kenaikan (Polda Banten-red) dari tipe B menjadi tipe A, otomatis kenaikan pangkat. Nah, hari ini Bapak Kapolda dan Wakapolda resmi menjadi irjen dan brigjen,” ungkap Edy.

Kenaikan pangkat tersebut tertuang dalam surat Telegram Rahasia (TR) No STR/916/XII/HUM.1.1.2018 tanggal 27 Desember 2018 tentang Pemberitahuan Kenaikan Pangkat para Perwira Tinggi di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. “Iya, bersamaan kenaikan pangkat perwira tinggi lain,” kata Edy.

Bersama Tomsi dan Tomex, Tito Karnavian juga memimpin upacara kenaikan pangkat terhadap sepuluh Pati Polri. Di antaranya, SSDM Polri Setyo Wasisto yang ditugaskan pada Kementerian Perindustrian dari irjen menjadi komjen, Pati Bareskrim Mabes Polri Adhi Adhi Prawoto yang ditugaskan di BNN dari brigjen menjadi irjen.

Kemudian, Kapolda DIY Ahmad Dofiri dari brigjen menjadi irjen, Kadiv Humas Polri Muhammad Iqbal dari brigjen menjadi irjen, Karokurlum Lemdiklat Polri Hengkie Kaluara dari brigjen menjadi irjen, Pamen SSDM Polri Juhartana penugasan Wantannas dari kombes menjadi brigjen.

Disusul, Karojemengar Srena Polri Iswahyudi dari kombes menjadi brigjen, Karowassidik Polri Tornagogo Sihombing dari kombes menjadi brigjen, dan Pamen Bareskrim Polri Tantan Sulistyana penugasan pada BNN dari kombes menjadi brigjen, dan terakhir Karo Bin Opsnal Bareskrim Nico Afinta dari brigjen menjadi irjen. “Untuk kenaikan Pamen Polda Banten, diperkirakan Januari nanti (2019-red),” kata Edy. (Merwanda/RBG)