Kapolda Banten Resmi Dilantik di Mabes Polri

0
3.828 views
Para perwira tinggi (pati) Polri termasuk Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar saat proses pelantikan di ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat (8/5). Pelantikan tersebut dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

JAKARTA – Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Fiandar resmi dilantik sebagai Kapolda Banten yang baru menggantikan Irjen Pol Agung Sabar Santoso. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis di ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat (8/5).

“Iya betul pelantikannya hari ini (kemarin-red),” kata Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata.

Pelantikan tersebut menindaklanjuti mutasi di tubuh Polri. Sebelumnya, Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Gatot Eddy Pramono menandatangani dua Surat Telegram Nomor: ST/1377/V/KEP./2020 dan surat telegram yang lain, bernomor ST/1378/V/KEP./2020. Surat telegram yang berisi mutasi Polri tersebut dikeluarkan pada Jumat (1/5).

Irjen Pol Fiandar sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Sementara Irjen Pol Agung ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Irjen Pol Fiandar merupakan alumnus Akpol 1987. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 56 tahun silam tersebut berpengalaman di bidang pendidikan Polri. Sejak 2016, Fiandar ditugaskan sebagai Kabag LSP Lemdikpol Polri. Kemudian 2017 ditugaskan sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri. Lalu, 2019 menjabat sebagai Karobindiklat Lemdiklat Polri. “Beliau sebelumnya menjabat Gubernur Akpol,” ujar Edy.

Selain Kapolda Banten, terdapat 13 perwira tinggi (pati) Polri yang dilantik. Mereka, Kapolda Jawa Tengah Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Ahmad Luthfi, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Abriyoso Seno Aji; Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Mohammad Fadil Imran; Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri; Kapolda Bengkulu; Brigjen Pol Teguh Sarwono, Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Dedi Prasetyo; Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Aris Budiman, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta; Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Muhammad Iqbal.

Lalu Kabaintelkam Polri Irjen Pol Rycko Amelza; AS SDM Kapolri Brigjen Pol Sutrisno Yudi; Gubernur Akpol Lemdiklat Polri Brigjen Pol Asep Syahrudin dan Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono. “Pelantikan bersamaan dengan pelantikan delapan Kapolda dan pejabat utama Polri yang lain,” kata Edy.

PAMIT  

Mantan Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan, telah berpamitan dengan anggota Polda Banten. Ia berharap seluruh anggota Polda Banten dan jajaran menjadi penegak hukum yang profesional. “Kepada rekan-rekan sekalian, saya berharap tetap semangat dan tetap memiliki dedikasi tinggi sebagai anggota Polri, berikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat serta penegak hukum yang profesional,” kata Agung.

Pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selantan tersebut merasa bangga dan terhormat menjadi bagian dari Polda Banten. Ia juga tak melupakan bisa bekerja sama dengan seluruh personelnya. “Saya dan keluarga mohon izin dan pamit kepada rekan-rekan sekalian sehubungan masa tugas saya sebagai Kapolda Banten. Saya dan kelaurga merasa bangga dan terhormat menjadi bagian dari Polda Banten,” kata Agung.

Sebagai mantan Kapolda Banten, Agung merasa bangga dengan jajarannya yang dinilai mampu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Situasi kamtibmas di Polda Banten sangat kondusif, ini semua kerja keras rekan-rekan, ini semua adalah bentuk profesional kita dalam menjalankan tugas,” kata alumnus Akpol 1984 tersebut. 

Agung berharap dedikasi yang diberikan seluruh personel kepadanya juga diberikan kepada penggantinya Irjen Pol Fiandar. Tak lupa, mantan Asrena Kapolri tersebut memohon maaf apabila terhadap kesalahan dan khilafan sebagai Kapolda Banten. “Apabila selama pergaulan, kebersamaan kita ada hal-hal yang kurang berkenan saya mohon maaf,” tutur Agung. (mg05/air)