LEBAK – Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo melakukan upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 bersama ratusan warga Baduy di halaman parkir pintu masuk wisata Budaya Baduy di Ciboleger, Kamis (17/8).

Warga Baduy nampak tertib mengikuti jalannya upacara, tidak ada kenaikkan bendera dalam upacara tersebut, peserta hanya hormat kepada bendera sangsaka merah putih yang sudah berada diatas tiang.

“Kita dalam Negara yang sama, satu kesatuan. Kita berbeda golongan kita bersimpul bersatu dalam bingkai Negara Republik Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika,” ujar Listyo.

Listyo menambahkan, warga Baduy pun merupakan komponen bangsa telah berperan besar dalam pembangunan dan menjaga kelestarian nilai-nilai pancasila dan UUD 1945.

“Semua itu terbukti dengan eksistensi pemuda suku Baduy yang mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menjadi anggota PON,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat baduy dapat menjaga kedamaian antar sesama dengan kearifan lokal serta dapat menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. (Omat/twokhe@gmail.com)