Kapolda Banten Utamakan Pengembalian Kerugian Korban

0
122
Direktur Radar Banten Mashudi (ketiga dari kanan) memberikan cenderamata kepada Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra di Mapolda Banten, Senin (27/8).

SERANG – Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra menempatkan pengembalian kerugian korban sebagai prioritas utama dalam setiap pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pembenahan layanan terhadap masyarakat itu sebagai bagian dari langkah reformasi kepolisian.

Hal itu disampaikan Teddy saat berdialog dengan pimpinan Radar Banten Group di ruang kerja Kapolda di Mapolda Banten, Senin (27/8) pukul 09.00 WIB. Hadir dalam pertemuan itu, Direktur Radar Banten Mashudi, General Manager Banten Raya Pos Taufiq Rohman, Pimred Radar Banten Ahmad Lutfi, Redaktur Pelaksana Radar Banten Aditya Ramadhan, Pimred Banten Raya Pos Budi Sudiarto, Pimred Tangerang Ekspres Rudi Susanto, dan Pimred Banten Raya TV Ferry Setiawan.

“Pengembalian kerugian korban itu hal penting dalam setiap pengungkapan kasus curanmor. Jadi, setiap ada pengungkapan langsung kembalikan (kendaraan-red) dalam kondisi yang baik juga,” kata Teddy.

Kapolda mengatakan, dengan pengembalian kendaraan bermotor tersebut kepada pemiliknya akan mengurangi penumpukan dan kerusakan kendaraan lantaran tidak terawat saat disimpan di polres-polres. “Dari pada menumpuk di kantor polisi dan bertambah rusak. Langsung dikembalikan. Cek saja nanti nomor mesin dan rangka di Samsat,” kata lelaki kelahiran Surakarta, Jawa Tengah 48 tahun lalu itu.

Nantinya, kata Teddy, informasi temuan kendaraan bermotor dapat disampaikan kepada masyarakat melalui media massa. “Intinya, buatlah masyarakat senang. Nanti, bisa disampaikan melalui media, ” kata Teddy.

Dia menegaskan Polda Banten sebagai sumber informasi harus menjadi mitra yang baik bagi media massa, begitu juga sebaliknya. Kemitraan tersebut harus dibangun sebagai respons dinamika masyarakat. “Polda sebagai newsmaker sumber info harus pula menjadi mitra baik dengan pihak media,” kata Teddy.

Mantan ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu menegaskan akan bersikap terbuka atas informasi yang layak disampaikan dalam rangka terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat. “Prinsipnya kita tidak akan menutupi informasi yang dibutuhkan,” katanya.

Kunjungan Radar Banten kemarin ke Mapolda Banten merupakan kunjungan pertama. “Luar biasa, ini adalah kunjungan resmi pertama. Nanti kami juga akan melakukan kunjungan balasan ke Radar Banten,” ujar Kapolda lagi.

Sementara itu, Direktur Radar Banten Mashudi mengaku gembira atas sambutan hangat dan sikap terbuka Kapolda. “Kami sangat gembira bisa diterima dan luar biasa sangat terbuka,” kata Mashudi.

Mashudi menegaskan Radar Banten Group siap bersinergi dengan Polda Banten dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan institusi Polri. “Radar Banten siap bersinergi dan menjadi corong kepolisian dalam menyampaikan informasi ke masyarakat,” kata Mashudi. (Merwanda/RBG)