Kapolda Baru Berharap Banten Lebih Kondusif

Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra (kiri) bersama mantan kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) dan Danrem 064 MY Kolonel Czi Budi Hariswanto (kanan) pada acara pisah sambut kapolda Banten, Jumat (24/8) malam.

SERANG – Selama 22 bulan, Polda Banten di bawah kepemimpinan Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo menciptakan kondisi yang kondusif. Saat ini Polda Banten memasuki era baru di bawah kepemimpinan Brigjen Polisi Teddy Minahasa Putra.

Teddy mengaku siap memberikan warna baru di Polda Banten dengan berbekal pengalaman yang sangat luar biasa sebelumnya. Banyak prestasi yang telah diukir oleh Teddy, salah satunya menjadi tim ahli Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Berbekal pengalaman tersebut, Teddy berharap mampu memimpin Polda Banten menjadi lebih kondusif. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan untuk kembali ke Banten. Karena ketika saya lulus Akpol (Akademi Kepolisian) saya langsung ditempatkan di Banten, yakni di Pandeglang,” katanya dalam sambutan.

Kata dia, dirinya yakin perwira yang sudah menjabat di Banten itu karirnya akan cemerlang seperti Timur Pradopo, Tito Karnavian, Badrodin Haiti, dan masih banyak lainnya termasuk Listyo Sigit. “Alhamdullilah, semoga saya bisa meniti tapak tilas beliau-beliau,” katanya.

Ia meminta dukungan penuh elemen masyarakat untuk menjaga suasana kondusif yang ada di wilayah Banten. “Insya Allah, kami akan terus menjalin silaturahmi dengan semua pihak untuk menjaga Banten tetap kondusif. Tentunya tanpa dukungan itu saya tidak bisa bekerja sendiri,” ujarnya.

Pantauan Radar Banten, Jumat (24/8), saat acara pisah sambut kapolda baru dengan kapolda lama di Horison Ultima Ratu Serang turut dihadiri oleh tokoh masyarakat Pandeglang Abuya Muhtadi, Gubernur Banten Wahidin Halim, Kajati Banten Agus Jaya, stakeholders perangkat Pemerintah Provinsi Banten, seluruh pimpinan kabupaten kota se-Provinsi Banten, kapolres se-Provinsi Banten.

Pada kesempatan yang sama, Brigjen Pol Listiyo Sigit Prabowo mengatakan, selama 22 bulan dirinya memimpin di Polda Banten berhasil menciptakan kondisi yang sangat kondusif di wilayah hukum Banten. “Pertama saya masuk, kita disodorkan dengan situasi yang sangat panas. Saat itu Banten sedang mencari calon gubernur, begitu pun dengan Jakarta sedang mencari gubernur,” katanya dalam sambutannya.

Kata dia, dengan situasi seperti itu rawan sekali terjadinya gesekan di masyarakat. Saat itu Banten diberikan label oleh Bawaslu bahwa masuk dalam urutan nomor tiga daerah dalam kerawanan. “Saat itu apa yang saya lakukan. Kami selaku kapolda tidak bisa bekerja sendiri, yang kami lakukan bagaimana menciptakan sinergi dengan para ulama dan para tokoh lainnya, sinergi dengan TNI,” ujarnya.

“Dengan modal seperti itu, saya langsung terjun mengajak kepada masyarakat untuk menciptakan kondisi yang kondusif, Alhamdullilah, yang tadinya kita diposisikan di ranking nomor tiga terawan, dalam proses pilkada berjalan dengan tertib dan aman. Orang melihat bahwa pilkada di Banten seperti tidak ada pilkada,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, hal itu bisa terjadi karena kerja sama semua pihak tidak hanya pihaknya sendiri yang melakukan pekerjaan tersebut. “Kita tidak ada istirahatnya sekarang kita menghadapi pilkada kabupaten kota di 2018. Di tengah-tengah itu kita menghadapi isu yang sangat luar biasa seperti isu adanya penyerangan orang gila terhadap ulama. Namun, hal itu bisa kita patahkan bahwa itu hoax, alhamdullilah Banten bisa kita amankan,” ungkapnya.

“Itu yang kita lakukan setiap hari dan beberapa prestasi diciptakan. Itu semua kerja keras kawan-kawan semua. Saya hanya menerima penghargaan saja. Tanpa terasa tiba waktunya untuk kita berpisah. Namun, saya janji akan bersilaturahmi ke Banten,” imbuhnya.

Kata dia, saat ini Polda Banten akan dipimpin oleh Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra. Melihat pengganti dirinya, ia merasa berbesar hati karena itu akan menjawab pertanyaan dari rekan-rekannya. “Jika Bapak pindah, apakah bisa penggantinya seperti Bapak? Saya tegaskan ini akan bisa melebihi saya. Saya tahu track record beliau (kapolda baru-red) karena pengalaman dan prestasi beliau tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya. (Adi/RBG)