Kapolda Fokus Pengamanan Vaksin

0
1.668 views
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho didampingi Kapolda Banten sebelumnya Irjen Pol Fiandar (kanan) saat tiba di Mapolda Banten untuk melakukan acara pisah sambut, Selasa (5/1).

SERANG – Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Rudy Heriyanto Adi Nugroho dilantik sebagai Kapolda Banten yang baru menggantikan Irjen Pol Fiandar di Mabes Polri, Selasa (5/1) siang.

Setelah resmi dilantik, Rudy dan Fiandar bersama-sama mendatangi Mapolda Banten untuk mengikuti acara pisah sambut di aula Rupatama sekira pukul 17.00 WIB. Acara juga turut disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan elemen masyarakat lain secara virtual.

Usai pisah sambut, Kapolda Rudy langsung meninggalkan aula Rupatama untuk mengikuti video conference dengan Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) Gatot Eddy Purnomo.

“Bapak Kapolda Banten akan menindaklanjuti program kerja Bapak Fiandar terhadap optimalisasi penanggulangan percepatan Covid-19 serta kesiapan dalam pengamanan pendistribusian vaksin sinovac yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan atau akhir bulan ini,” kata Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata setelah acara pisah sambut.

Kapolda, sambung Edy, meminta dukungan semua pihak dalam mengatasi persoalan Covid-19. Mantan Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri tersebut berharap semua pihak bersinergi dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Termasuk dari awak media,” kata Edy.

Kepada jajarannya, Rudy meminta dukungan penuh dalam memimpin Polda Banten agar dapat menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Bapak Kapolda juga memohon dukungan kepada kami (anggota Polda Banten dan jajaran-red) dalam rangka mewujudkan kamtibmas yang kondusif di Provinsi Banten,” kata mantan Kapolres Kampar, Provinsi Riau.

Sementara itu Fiandar saat memberikan sambutan meminta kepada mantan anak buahnya untuk membantu semaksimal mungkin Rudy dalam mengemban tugas sebagai Kapolda Banten. “Semua anggota bantu Kapolda semaksimal mungkin jalin komunikasi yang baik dengan Beliau,” kata mantan Gubernur Akpol tersebut.

Fiandar mengatakan, selama memimpin Banten hubungan dan kerja sama dengan Forkopimda terjalin erat dan baik. Saling sinergi dengan Forkopimda khususnya TNI dan pemerintah daerah telah membantu Polda dalam menjaga situasi kamtibmas. “Saya mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan Forkopimda yang sangat solid dalam mengisi tugas masing-masing instansi serta sinergi sehingga kamtibmas terkendali,” kata Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri ini.

Kepada Forkopimda dan semua anggota, Fiandar memohon doa restu untuk menjalankan tugas sebagai Kadivkum Polri. Ia tidak lupa memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam memimpin Polda Banten. “Selama menjalankan tugas apabila ada kebijakan dan kesalahan saya yang tidak berkenan saya memohon maaf karena itu adalah kekurangan saya sebagai manusia,” kata Fiandar.

Fiandar mengemban tugas sebagai Kapolda Banten hampir tujuh bulan. Ia dilantik di Mabes Polri pada Jumat (8/5/2020) menggantikan Irjen Pol Agung Sabar Santoso yang saat itu memasuki masa pensiun. Selama memimpin Polda Banten, Fiandar berhasil dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). (mg-05/alt)