SERANG – Kapolda Banten Brigjen Polisi Boy Rafli Amar melakukan kunjungan ke DPRD Banten, Senin (12/1/2015). Boy diterima langsung Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah di ruang Ketua DPRD Banten dan didampingi Wakil Ketua DPRD Banten SM Hartono, Nuraeni, Muflikhah, Ali Zamroni dan hadir juga Sekda Banten Kurdi Matin.

Dalam kunjungan ini Kapolda Banten berbincang santai dengan para pemimpin legislatif mengenai keamanan di Provinsi Banten mulai dari titik pantai hingga pengamanan gedung-gedung pemerintahan di Pemprov Banten.

Ali Zamroni dari Fraksi Gerindra mengusulkan pengamanan laut di titik pantai di Banten dapat menggunakan kapal cepat yang kini sedang diusulkan oleh DPRD Banten kepada Pemprov Banten. Menurut dia, pengamanan titik pantai di Banten untuk mendukung poros maritim minimal membutuhkan tujuh kapal cepat untuk memantau garis pantai. “Proposalnya kami sudah sampaikan ke Gubernur,” katanya.

Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah menegaskan komitmen DPRD Banten untuk bersikap koperatif mendukung Polda melakukan pengamanan, baik di darat maupun di laut. “Kita tentu kooperatif untuk itu,” katanya.

Sementara itu, Sekda Banten Kurdi Matin menjelaskan bahwa tradisi masyarakat Banten lebih bersikap egaliter dan toleran terhadap para pendatang. “Saya berani jamin itu. Saya lahir di sini dan besar dalam tradisi di sini. Saya tawarkan akses kepada Bapak (Kapolda-red) mengenai kondisi masyarakat Banten. Dalam kongres masyarakat Banten yang belum lama ini dilaksanakan di Banten salah satu rekomendasi mengenai penyatuan Polda antara wilayah administrasi pemerintahan dan wilayah hukum,” katanya. (Wahyudin)