Kapolda Siap Bekingi KONI Banten

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyempatkan diri berfoto bareng dengan Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo dan rombongan.

SERANG – Demi memuluskan target Provinsi Banten masuk sepuluh besar di PON 2020 Papua mendatang, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengaku siap mem-back up (mendukung) program-program yang dicanangkan KONI Banten.

Hal itu diungkapkan Kapolda saat menerima rombongan KONI Banten pada acara audiensi di Mapolda Banten, Kamis (19/4).

Acara audiensi dan paparan di depan Kapolda adalah salah satu program KONI Banten. Ini juga terkait dengan status Kapolda sebagai salah satu unsur pelindung KONI Banten. Pada pertemuan tersebut, rombongan KONI Banten dipimpin Ketua Umum Rumiah Kartoredjo didampingi beberapa pengurus teras.

Pada acara tersebut, Kapolda secara serius mendengarkan paparan yang disampaikan Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo terkait dengan apa yang telah dicapai Banten di dunia olahraga. Rumiah juga menjelaskan rencana ke depan termasuk program pembinaan atlet jangka panjang.

“Setelah mendengar penjelasan Ibu Ketua, saya merasa ikut bertanggung jawab sebagai seorang pelindung. Saya berharap apa yang dilakukan, dibutuhkan, dan jadi kendala KONI Banten, tetap dikomunikasikan dengan kami. Saya akan dukung penuh karena pada dasarnya saya paham bahwa ujung-ujungnya ini semua untuk nama baik Provinsi Banten,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga mengaku terkejut dengan masih minimnya sarana latihan beberapa cabang olahraga. Seperti diketahui, beberapa cabang olahraga potensial Banten masih harus berlatih di luar Banten karena ketidaktersediaan sarana seperti aerosport, dayung, ski air dan sepatu roda. Padahal, cabor-cabor itu penyumbang medali di PON 2016 lalu.

“Tidak ada sarana saja bisa berprestasi, apalagi kalau kita punya sarana lengkap. Untung saja Gubernur kita juga peduli dengan olahraga sehingga beliau berjanji untuk meneruskan proyek pembangunan sport center yang sempat tertunda,“ ujar mantan ajudan Presiden Jokowi itu.

Tak lupa ia juga mempersilakan KONI Banten menggunakan sarana lapangan tembak milik Polda Banten untuk cabang olahraga menembak.

Terkait dengan keberadaan anggota Polri yang selama ini menjadi atlet membela Banten, mantan kapolresta Surakarta ini juga tak mempermasalahkan. Menurutnya, itu juga bakal mendukung tugas institusinya dan bermanfaat bagi anggota yang bersangkutan.

Audiensi pengurus KONI Banten ke berbagai pihak adalah bagian dari program silaturahmi dan menjalin komunikasi demi muncul kesepahaman bahwa olahraga juga merupakan unsur penting bagi perkembangan masyarakat Provinsi Banten. (yos/ibm/dwi/RBG)