Kapolres Pandeglang Ajak Warga Jaga Satwa yang Dilindungi

PANDEGLANG – Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono meminta warga agar ikut andil dalam menjaga satwa dilindungi. Sikap itu, kata dia, sangat penting guna menjaga kelestarian alam hayati di lingkungan Kabupaten Pandeglang.

“Sedangkan bagi yang melanggar seperti menangkap, membunuh, dan memelihara hewan dilindungi itu, bisa berurusan dengan hukum,” kata Indra kepada Radar Banten, Kamis (1/8).

Indra menyarankan warga agar mengetahui nama-nama hewan yang dilindungi, yang hidup di daratan dan di air. “Ada daftarnya warga harus tahun. Kalau di darat ada macan, buaya, burung elang dan beberapa jenis burung kicau, orang utan, rusa, badak. Termasuk hewan yang hidup di air ada penyu, hiu dan lainnya,” katanya.

Indra menyakini, jika masyarakat Pandeglang mampu ikut serta menjaga hewan dilindungi, maka bisa menjaga pelestarian alam. “Kalau alamnya bagus, terpelihara dan terawat, juga bakal berdampak terhadap kelangsungan hidup manusia,” katanya.

Penasehat Himpunan Mahasiswa Lestari Alam (HIMALA) UNMA Daden Hilmansyah mendukung imbauan yang disampaikan Polres Pandeglang, tentang keharusan masyarakat menjaga hewan yang dilindungi. “Karena kondisi saat ini hewan liar di hutan mulai melangka, akibat para pemburu. Contohnya burung berkicau di sejumlah hutan mulai menghilang,” katanya. (her/zis)