Kapolres Serang Kota: Gaya PKI Sudah Muncul

0
2666
Komarudin

SERANG – Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan, tanda-tanda munculnya Partai Komunis Indonesia (PKI) saat ini dalam bentuk pola dan gaya, yang selalu mengadu domba untuk menimbulkan perpecahan.

“Kalau tanda sendiri harus dikaji lebih dalam. Pengamat mengatakan sudah muncul. Ada sebagian lainnya, mungkin melihat dari sudut pandang yang lain, bukan PKI. Hanya polanya sama, caranya sama. Itu haruslah waspada,” katanya saat nonton bareng film G 30 S/PKI di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (30/9).

Generasi muda saat ini, menurutnya, sudah barang tentu ada pemahaman sejarah yang terlupakan. 52 tahun lalu, tepatnya 30 september 1965, terjadi sebuah gerakan bawah tanah yang secara nasional memang pernah memporak porandakan bangsa Indonesia.

Potensi-potensi munculnya PKI, dijelaskan dia, bukan terfokus pada nama PKI. Melainkan tumbuh dalam bentuk pola dan gaya yang serupa dengan ideologi komunis. Hal itulah yang harus diantisipasi pergerakannya

Dijelaskan lagi, dulu PKI membuat propaganda yang identik dengan persoalan kudeta, namun sekarang caranya sedikit berbeda yakni menghancurkan generasi penerus, misalnya dengan narkoba, perpecahan kelompok, dan isu SARA.

Dalam keadaan saat ini, ia mengimbau untuk bijak dalam menyikapi berbagai kejadian yang menjadi penomena sosial. Termasuk pola-pola melalui  informasi hoax jangan sampai membutakan.

“Sebagaimana orang tidak tahu, tanyalah yang tahu. Jangan sampai mudah terprovokasi,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).