Karang Taruna Harus Maksimalkan Keorganisasian dan Kelembagaan

0
81

SERANG – Karang taruna Kabupaten Serang gelar rapat kerja daerah III dan silaturahmi Ketua Karang Taruna Provinsi Banten 2017, di Aula PGRI Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Rabu (29/11).

Dalam Rakerda dan silaturahmi ini, Wakil Gubernur Provinsi Banten Andhika Hazrumy mengatakan Karang Taruna harus dimaksimalkan kembali dalam segi keorganisasian dan kelembagaan untuk dapat berbuat terbaik bagi masyarakat.

Dikatakan, Karang Taruna diharapkan menjadi mitra pemerintah untuk memanfaatkan segala potensi yang  Karang Taruna miliki. “Potensi ini luar biasa dari akar rumput harus kita maksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat,” katanya saat sambutan di Aula PGRI Ciruas, Kabupaten Serang, Rabu (29/11).

Generasi muda harus menjadi generasi mandiri. Salah satunya, ia menyebut organisasi yang bisa mewadahi adalah Karang Taruna agar memiliki andil dalam mengantisipasi dan mengurangi pengangguran di Provinsi Banten.

“Ini (Karang Taruna-red) sebagai wadah memetakan yang pemuda yang memiliki kompetensi. Di sini bisa belajar kemandirian dan menguatkan kompetensi karang taruna yang ada di dalamnya,” ujar pria yang mejabat Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Ini.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang Ahmad Saeful Rochman mengatakan Ke depan akan ada proyek program pelatihan manajemen karang taruna seluruh kecamatan, agar sisi administrasi lebih baik.

“Dari Provinsi mencoba bantuan pelatihan lele biobox ada tiga kecamatan, yang lain mencoba pembentukan koperasi karang taruna,” ujarnya usai Rakerda III di Aula PGRI Ciruas, Kabupaten Serang, Rabu (29/11).

Penentuan kecamatan untuk budidaya lele sendiri, pihaknya  memusyarahkan dengan pengurus karang taruna lainnya dengan melihat sisi alam dan pangsa pasar. Sehingga bisa dipilih mana kecamatan yang layak mengembangkan program tersebut. (Anton Sitompul/antonsuyompul1504@gmail.com).