Karate PON 2020, Fokus Tingkatkan Kemampuan Fisik

0
858 views

SERANG- Karateka Banten masih fokus meningkatkan kemampuan fisik usai menyegel tiket Pra PON 2019. Program latihan tahap persiapan umum disiapkan untuk bekal atlet di PON 2020 Papua.

Latihan terencana itu diberikan oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Banten untuk menutupi kelemahan atlet. 

“Sekarang masih di tahap persiapan umum. Program latihan yang kami susun ini berdasarkan hasil tes fisik yang dilakukan KONI Banten. Jadi, latihan yang kita berikan ditujukan agar bisa memperkuat yang masih menjadi kelemahan atlet dan meningkatkan apa yang sudah memenuhi standar,” kata Ketua II Pengprov Forki Banten Joe Manalu, Selasa (14/1).

Forki Banten sebelumnya telah mengikutkan enam atlet dalam Pelatda PON yang dilaksanakan sejak Desember 2019. Enam atlet tersebut, yakni Marzellla Sekar Damayanti, Nurdiansyah, Mahlian, Agus Sanjaya, I Gede Gangga Wijaya, dan Jacob Noel.Mereka terpilih mengikuti Pelatda lantaran sukses menembus peringkat tiga besar dalam babak kualifkasi PON 2019. 

“Sejak Pelatda dimulai, latihan berlangsung setiap hari di Kota Serang. Semua atlet peluangnya sama besar untuk berprestasi di PON 2020. Tidak ada peluang yang lebih kecil dari yang lain,” jelas Joe.

Ketua Umum (Ketum) Pengprov Forki Banten Maruli Girsang berharap karateka Banten bisa menyumbang lebih dari satu medali emas pada PON Papua 2020. Oleh karena itu, FORKI Banten tidak akan hanya mengandalkan Marzella Sekar Damayanti sebagai juara dunia dan peraih medali emas Pra PON nomor kata ini. 

“Kami ingin raihan medali emas bukan hanya dari Marzella. Memang dia yang kita andalkan, tapi karateka lain juga harus berpikiran sama untuk menyumbang medali emas PON. Saya kira karateka yang tampil di PON memiliki peluang yang sama untuk berprestasi,” kata Maruli. 

Selain Marzella, kata Maruli, nama Jacob Noel dan I Gede Gangga Wijaya juga pantas menjadi tumpuan medali emas. “Keduanya punya rekam jejak prestasi yang lumayan baik, I Gede Gangga sempat mengenyam Pelatnas Asian Games usai meraih medali emas pada ajang tes event Asian Games. Demikian juga dengan Jacob, dia pernah mengikuti beberapa kejuaraan dunia,” ungkap Maruli. (rbs/nda/ira)