Karateka Banten secara intens berlatih di GOR Baladika, Grup 1 Kopassus, Taman, Taktakan, Kota Serang, beberapa waktu lalu.

SERANG – Karateka Banten I Gede Gangga Wijaya menambah deretan panjang atlet Banten yang bergabung di pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) Asian Games 2018. Itu diketahui usai Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) melayangkan surat pemanggilan Gangga, sapaan I Gede Gangga Wijaya, untuk bergabung ke pelatnas Asian Games 2018 melalui Pengurus Provinsi (Pengprov) Forki Banten.

Ketua Umum Pengprov Forki Banten Maruli Girsang mengatakan, pemanggilan Gangga tidak lepas dari rentetan hasil apik yang diukir usai tampil pada sejumlah kejuaraan nasional (kejurnas) sepanjang 2017. “Prestasi terakhir Gangga adalah meraih medali emas saat tes event Asian Games 2018 beberapa waktu lalu di Jakarta. Gangga meraih medali emas usai menang atas sesama karateka Indonesia yang merupakan pemegang medali emas PON XIX Jawa Barat 2016. Itu yang membuat PB Forki memanggil Gangga. Bahkan, saat ini Gangga sudah mulai bergabung di pelatnas karate,” kata Maruli kepada Radar Banten, Minggu (11/2) siang.

Akan tetapi, lanjut pengusaha ini, posisi Gangga di pelatnas belum 100 persen aman. Itu lantaran PB Forki masih menerapkan sistem promosi degradasi.

“Sebelum nama Gangga resmi didaftarkan ke panitia Asian Games, segala sesuatu masih mungkin terjadi. Itu artinya Gangga harus mampu secara konsisten menunjukkan peningkatan kualitas selama di pelatnas. Mudah-mudahan Gangga bisa menjadi karateka Banten yang tampil di Asian Games Agustus nanti. Saya lihat secara teknik, fisik, mental, dan prestasi kualitasnya sungguh menjanjikan,” tuturnya.

Ketua II Pengprov Forki Banten Joe Manaloe menyatakan, Forki Banten akan terus memberikan dukungan penuh kepada Gangga agar mampu bertahan dan menembus skuat inti karate Indonesia di Asian Games 2018. “Kami pasti dukung penuh, apalagi ini membela nama bangsa dan negara. Kami harap Gangga tidak gentar karena kami akan terus berada di sampingnya baik untuk memberikan bantuan moril maupun materiil,” ucapnya.

Pada bagian lain, Gangga menuturkan, saat ini posisinya masih belum aman. Soalnya, masih ada dua kali tahapan seleksi lagi yang harus diikutinya, yakni pada akhir Februari dan Awal April nanti. “Saya berjanji akan terus berlatih maksimal agar bisa membela Indonesia di Asian Games,” ujarnya.

Gangga pun meminta doa dan dukungan penuh dari seluruh masyarakat Banten agar dirinya bisa sukses di pelatnas dan membela panji Merah Putih di ajang Asian Games. “Ini mimpi saya sejak dulu yang ingin diwujudkan. Semoga kerja keras dan latihan saya selama ini membuahkan hasil yang optimal,” harap pria yang juga anggota satuan Grup 1 Kopassus, Taman, Kota Serang ini. (Andre AP/RBG)

BAGIKAN