Karateka Banten Sabet Sembilan Medali di Piala Walikota Surabaya

0
237 views
Karateka Banten bersama pengurus FORKI Banten di podium Kejuaraan Internasional Walikota Surabaya, Minggu (28/7). Foto Joe For Radar Banten

SERANG – Perjuangan karateka Banten pada Kejuaraan Internasional Piala Walikota Surabaya berbuah prestasi. Sembilan medali sukses diraih atlet Banten dari kejuaraan yang berlangsung, Jumat hingga Minggu (26-28/7), di gedung DBL Graha Pena, Surabaya.

Sembilan medali itu terdiri dari satu emas, empat perak, dan empat perunggu. Medali emas diraih karateka Kota Serang Billy Bilmona. Atlet yang bergabung dengan Pelatda Jangka Panjang (PJP) Banten meraih emas di nomor kumite kelas 76 kilogram putra junior.

Sementara, medali perak juga diraih karateka asal Kota Serang. Yakni, Marzella Sekar Damayanti yang turun di nomor kata senior dan Putra Yeremia Endriarto di nomor kumite 70 kilogram cadet putra.

Lalu, dua medali perak lainnya disabet oleh Diah Rianita di nomor kumite kelas 68 kilogram putri senior dan Sule di nomor kumite 68 kilogram putri senior. Dua atlet asal Tangerang Selatan dan Kota Tangerang itu dipersiapkan Banten menghadapi ajang Pra PON 2019.

Kemudian, medali perunggu dipersembahkan oleh Nandra pada nomor kata perorangan putra dan Afan Ansori kata perorangan putra. Lalu, I Gede Gangga Wijaya kumite 67 kilogram putra serta Jacob Noel kumite 55 kilogram putra senior.

“Kita bersyukur atas hasil ini. Kejuaraan ini sebagai ajang tryout pertama bagi Pengprov FORKI Banten untuk mempersiapkan atlet menghadapi ajang Pra PON 2019 dan Popnas 2019,” kata Ketua II Pengprov FORKI Banten Joe Manalu, Senin (29/7).

Dijelaskan Joe, selain raihan medali, banyak keuntungan yang diraih atlet Banten pada Kejuaraan Internasional Piala Walikota Surabaya. Misalnya, mulai membaca peta kekuatan lawan yang bakal dihadapi pada Pra PON dan Popnas 2019 mendatang.

“Kejuaraan ini dikuti sekira 1800 peserta. Dari seluruh provinsi di Indonesia dan sepuluh negara tetangga. Pra PON akan berlangsung di Jakarta awal November, jadi mulai sekarang kita sudah mulai tahu peta kekuatan lawan nanti,” jelas Joe.

Joe berharap, atlet karate Banten bisa mempersembahkan hasil positif sesuai target yang diembankan oleh KONI Banten, yaitu menembus peringkat tiga besar pada Pra PON 2019. “Untuk Pra PON kita masih ada waktu untuk membenahi kekuatan atlet. Dengan terus rutin berlatih, kita berharap hasil yang terbaik,” kata Joe. (Riko B/RBG)