Marzella Sekar Damayanti

SERANG – Sukses meraih medali di kejuaraan karate Piala Menteri Dalam Negeri (Mendagri) 2018 yang berlangsung di Palu, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu membuat dua karateka Banten mendapat tiket tampil di kejuaraan internasional. Dua karateka Banten, Abimanyu Mutiara Defantri dan Marzella Sekar Damayanti, akan bergabung bersama tim karate Indonesia pada Kejuaraan Internasional South East Asia Karate Federation (SEAKF) 2018 di Vietnam.

Pada kejuaraan karate Piala Mendagri beberapa waktu lalu, Abimanyu Mutiara Defantri yang turun di nomor kumite kelas -63 kilogram/kadet putra sukses meraih medali emas. Sementara, Marzella Sekar Damayanti yang tampil di nomor kata perorangan putri junior mampu membawa pulang medali perak.

Sesuai aturan yang digunakan Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) bahwa hanya finalis atau peraih medali emas dan perak di Piala Mendagri saja yang akan diberangkatkan ke Vietnam. SEAKF 2018 akan berlangsung pada meio Mei mendatang.

Wakil Ketua II Pengurus Provinsi (Pengprov) Forki Banten Joe Manaloe mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih Abimanyu dan Marzella. Ia optimistis keduanya mampu berbuat dan meraih yang terbaik di Vietnam nanti.

“Khusus bagi Abimanyu, SEAKF 2018 merupakan kiprah perdananya di event internasional. Berbeda dengan Marzella yang sudah pernah tampil di ajang internasional. Kami berharap keduanya mampu menampilkan yang terbaik dan mengharumkan Banten dan Indonesia dengan prestasi,” kata Joe kepada Radar Banten, Selasa (27/3) siang.

Joe menambahkan, Abimanyu dan Marzella merupakan salah satu aset berharga bagi Forki Banten. Sederet prestasi di event nasional kini menghantarkan keduanya menjadi salah satu atlet karate andalan Banten di PON XX Papua 2020. “Abimanyu dan Marzella serta beberapa karateka lainnya merupakan aset kami (Forki Banten) untuk menghadapi PON XX Papua 2020. Kami optimistis cabang olahraga (cabor) karate mampu memberi warna dan prestasi bagi Banten di PON yang akan datang,” imbuhnya.

Ketua Umum Pengprov Forki Banten Maruli Girsang menyatakan, dengan minimnya pengalaman tampil di event internasional ketika membela timnas Karate Indonesia di ajang SEAKF 2018, ia berharap Abimanyu dan Marzella tampil lepas tanpa terbebani.

“Kami tidak  akan menargetkan apa-apa kepada mereka. Biarkan mereka berkresasi sendiri, toh mereka yang tahu kualitas dan kemampuannya sendiri. Mereka juga pasti ingin meraih yang terbaik meski tanpa ditargetkan. Kita hanya bisa berharap mereka mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa,” ucapnya.

Tentunya, lanjutnya, hasil ini tidak lepas dari buah pembinaan berkelanjutan yang dilakukan Forki Banten. “Target jangka panjang kita adalah PON XX Papua 2020. Sekarang kita tinggal menjaga sambil meningkatkan kualitas mereka melalui program pembinaan jangka panjang yang berkelanjutan,” pungkas Maruli. (dre/ibm/dwi/RBG)