Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (Adpim) BKKBN Banten Budoyo

SERANG – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten tengah menjalankan program Kampung KB. Dinilai sebagai daerah yang sosial eknominya tertinggal dan kesasaran KB masih rendah, BKKBN memilih Desa Pagedangan, RW 04, Kabupaten Tangerang, sebagai daerah pertama untuk pencanangan Kampung KB.

“Rencana pencanangan tersebut akan dilakukan oleh Pak Gubernur Banten, tadi baru selesai dirapatkan. Daerah pertama yang dipilih Desa Pagedangan, pencanangannya tanggal tiga Februari mendatang,” papar Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (Adpim) BKKBN Banten Budoyo saat ditemui setelah rapat Kampung KB di ruang rapat Setda Provinsi Banten, Jumat (29/1/2016).

Menurut Budoyo, untuk pertama kali program ini dalam ruang lingkup kecil. Namun dirinya berharap, kedepan Kampung KB tersebut akan tumbuh di daerah-daerah lain di delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten. “Yah paling tidak kedepan, setiap kabupaten/kota di Provinsi Banten, ada satu lokasi yang dijadikan Kampung KB, tapi tetap harapan besar kita lebih dari itu,” katanya.

Wilayah yang menjadi kampung KB nantinya akan dibentuk sebagai daerah percontohan. Baik dari sisi lingkungan seperti sistem sanitasi, maupun sisi lainnya seperti sosial. “Nanti akan dibantu stakeholder lain, misalnya Dinkes,” kata Budoyo. (Bayu)