Kasus Ahok dan Aksi Bela Islam Paling Populer di Medsos Selama 2016

0
529 views

JAKARTA – Kasus Basuki Tjahaja Purnama dan Aksi Bela Islam menjadi isu terpopuler media sosial di Indonesia sepanjang 2016.

Isu tersebut mampu mengalahkan isu Panama Papers dan harta yang disembunyikan, tax amnesty dan tradisi pengemplang pajak, rindu prestasi tim nasional sepak bola Indonesia dan Jessica dan kopi sianida.

“Kasus Ahok dan aksi Bela Islam dengan segala variannya mencapai total 279.852.000 entri dalam mesin pencari google,” ujar Chief Executive Officer Digitroops Fahd Pahdepie, saat merilis hasil survei di Bilangan Cikini, Kamis (22/12), seperti dilansir JPNN.com.

Selain di mesin pencari google, kasus Ahok dan aksi Bela Islam juga tercatat 35 kali menjadi trending topik di twitter.

Kemudian, tiga bulan menjadi viral di facebook dan ribuan kali diberitakan pada sejumlah media online nasional.

“Kasus ini juga tercatat menjadi tema khusus pada acara Mata Najwa dan dua kali menjadi tema pada Indonesia Lawyer’s Club. Di facebook, tema ini juga menjadi pusat perdebatan dalam tiga bulan terakhir sejak Oktober lalu,” ucap Fahd.

Kasus Ahok kata Fahd, secara khusus berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan.

Baik pada proses hukum kasus ‘penistaan agama’ oleh Ahok dan pengunggahan video oleh Buni Yani.

“Kasus ini juga berpengaruh terhadap pelaksanaan dan penanganan aksi bela Islam oleh aparat negara. Serta berpengaruh terhadap langkah-langkah politik yang dilakukan Presiden Joko Widodo,” pungkas Fahd. (gir/jpnn)