Kasus Penggelapan Mobil Rental, Polisi Kembali Amankan 12 Unit Mobil

0
1.174 views
Mobil rental yang digelapkan tersangka TR diamankan petugas Satreskrim Polres Serang Kota. Mobil tersebut saat ini berada di halaman parkir Satreskrim Polres Serang Kota, Kamis (18/6).

SERANG – Sebanyak 12 unit mobil rental kembali diamankan petugas Satreskrim Polres Serang Kota. Belasan unit mobil rental itu diamankan dari sejumlah tempat di Banten usai digadaikan oleh TR.

Hingga kemarin (18/6), sudah 24 unit mobil milik sembilan pengusaha rental mobil di Banten diamankan. Mobil yang disewa oleh TR itu digadaikan tanpa sepengetahuan pemilik mobil.

“Sudah kita amankan semua. Jumlahnya ada 24 unit mobil rental,” kata Kasat Reskrim Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Indra Feradinata dikonfirmasi Radar Banten, Kamis (18/6).

Puluhan mobil rental tersebut diamankan di wilayah Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang. Pengungkapan kasus tersebut bermula dari laporan warga Hermawan (52) warga Jalan Cibadung, Lingkungan Cijeruk, Kelurahan Karang Asem, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon pada Minggu (14/6). Hermawan melaporkan TR karena tidak mengembalikan mobil rental yang disewanya.

Mobil milik Hermawan tersebut disewa TR pada Mei 2020 lalu. Modus operandinya dengan menyewa mobil milik korban selama sebulan lalu digadaikan. “Sewanya sebulan kemudian digadaikan seharga Rp30 juta,” kata Indra.

Selain Hermawan, TR juga menggadaikan mobil milik Adnan Hasan. Ada tiga unit mobil yang disewa TR seminggu sebelum lebaran Idul Fitri 2020. Dari tiga unit mobil yang disewa hanya dua unit yang dikembalikan sementara satu lagi digadaikan. Adnan yang merupakan Ketua Buser Rental Nasional (BRN) Banten lantas menceritakan kejadian tersebut kepada rekannya sesama pengusaha rental.

Dia juga membagikan foto kartu tanda penduduk (KTP) TR kepada rekannya sesama anggota BRN Banten di media sosial (medsos). Informasi dari Adnan tersebut membuat rekannya kaget. Sebab, TR juga menyewa mobil di tempat rental yang lain. Para pengusaha mobil rental tersebut kemudian sepakat mencari keberadaan TR. Sabtu (13/6), keberadaan TR diketahui. TR diamankan di sekitaran Alun-alun Kota Serang.

Saat diinterogasi, TR mengakui telah menggadaikan mobil rental. Satu mobil rental digadaikan dengan harga Rp25 juta sampai dengan Rp40 juta. Usai diinterogasi,  TR diserahkan ke petugas Satreskrim Polres Serang Kota. “Awalnya setelah laporan tersebut kita baru mengamankan 12 unit mobil. Setelah kita lakukan pengembangan kita temukan 12 unit mobil yang lain,” kata Indra.

TR kini disangka melanggar Pasal 372 KUH Pidana. “Ancaman pidananya empat tahun,” tutur alumnus Akpol 2010 tersebut. (mg05/nda)