Caleg PDI Perjuangan terpilih Agus Ismatullah (kiri) memenuhi panggilan Bawaslu Lebak.

LEBAK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lebak bersama sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) menghentikan kasus dugaan politik uang yang dilakukan calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan terpilih Agus Ismatullah (AI). Caleg asal daerah pemilihan (dapil) Lebak 4 tersebut tidak terbukti melakukan money politics seperti yang dituduhkan warga berinisial F.

Ketua Bawaslu Lebak Odong Hudori mengatakan, Gakkumdu sepakat untuk menghentikan kasus dugaan politik uang. Dari hasil klarifikasi terhadap saksi pelapor dan terlapor, tidak ditemukan adanya unsur pidana pemilu. Bahkan, pada masa tenang tidak ada perintah ajakan untuk memilih caleg tersebut. Untuk itu, Gakkumdu yang terdiri dari unsur kejaksaan, kepolisian, dan Bawaslu memutuskan untuk tidak melanjutkan kasus tersebut kepada proses hukum.

“Pada intinya, sentra Gakkumdu tidak menemukan adanya tindak pidana pemilu politik uang yang dilakukan caleg PDIP Agus Ismatullah,” kata Odong kepada Radar Banten, Selasa (14/5).

Menurut Odong, sedikitnya ada enam orang saksi dari pelapor dan terlapor yang telah diperiksa di sentra Gakkumdu Lebak. Mereka semua kooperatif dalam memenuhi undangan dari Bawaslu. “Putusan ini secepatnya akan kita tembuskan kepada pelapor dan terlapor,” ungkapnya. (Mastur)