Kasus Positif Covid-19 di Kota Serang Tembus 16 Pasien, Dinkes Jangan Abai

SERANG – Walikota Serang Syafrudin meminta seluruh jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang sigap atas perkembangan kasus Covid-19. Apalagi, kasus positif Covid-19 di Kota Serang terus meningkat. Demikian diungkapkan Syafrudin saat melakukan kunjungan ke Dinkes Kota Serang, Selasa (9/6) pagi.

Syafrudin mengatakan, kasus positif Covid-19 di Kota Serang totalnya mencapai 16 pasien. Tujuh di antaranya dinyatakan sembuh, satu pasien meninggal dunia dan delapan pasien dalam perawatan petugas medis. “Makanya, Dinkes harus sigap menanganinya, kalau misalkan ada informasi dari masyarakat tidak boleh diabaikan,” ujarnya disela-sela acara.

Kedatangan orang nomor satu di Kota Serang itu, disambut langsung kepala Dinkes Kota Serang M Ikbal dan jajarannya. Dua anggota DPRD Kota Serang dari Fraksi PAN yakni, Ari Winanto dan Ahmad Rosadi juga turut hadir.

“Bila ada masyarakat yang mengalami tanda-tanda gejala, petugas layanan kesehatan harus segera melakukan tindakan. Jangan sampai dibiarkan,” kata Syafrudin.

Syafrudin menjelaskan, banyaknya kasus positif yang terjadi di Kota Serang lantaran banyaknya masyarakat luar yang datang ke Kota Serang, terlebih pada momen Ramadan dan Idul Fitri kemarin. “Kemudian ada juga yang bekerja di PT Pemi yang memang banyak yang terpapar, jadi penularannya cepat, dan ini evaluasi kami,” katanya.

Syafrudin meminta Dinkes meningkatkan tracking dan rapid test terhadap keluarga dan lingkungan pasien positif. “Langkah ke depan, dinkes harus segera periksa, isolasi mandiri keluarganya yang terpapar, dan rapid test di lingkungan itu,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Syafrudin pun memberikan dorongan semangat kepada tenaga medis yang terlibat langsung dalam penanganan wabah Covid-19 ada di Kota Serang. “Saya mengapresiasi tenaga medis yang telah berupaya memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara anggota Fraksi PAN Kota Serang, Ari Winanto meminta Dinkes Kota Serang segera melakukan rapid test di lingkungan tempat pasien yang positif Covid-19. “Dinkes harus benar-benat aktif, ketika ada yang positif yang terbaru di wilayah Kelapa Gading maka segera lakukan rapid tes, terlebih sekarang aktivitas sudah biasa, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Serang, M Ikbal mengakui penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini terus mengalami peningkatan.  “Di bulan tiga angkanya tidak ada penambahan, tapi di bulan ke empat ini begitu cepat, sebagaimana kita ketahui sebelum lebaran euforia masyarakat cukup tinggi, bahkan dianggap pandemi ini selesai,” katanya

Ikbal mengatakan, dalam waktu dekat Dinkes akan menggelar rapid test di lingkungan pasien positif Covid-19 berada. “Iya tentu kami akan lakukan rapid test, ini juga upaya untuk memutus penyebaran Covid-19,” katanya. (fdr/nda)