Kebakaran Lahan, Dua Unit Mobil Damkar Cilegon Diterjunkan

CILEGON – Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Cilegon diterjunkan untuk memadamkan kobaran si jago merah yang tengah membakar rumput ilalang disebuah lahan nan luas milik seorang warga.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon mengetahui adanya kebakaran rumput ilalang disebuah lahan itu berkat laporan dari kantor Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon. Kantor kelurahan kali pertama mendapatkan aduan dari masyarakat lantaran panik jikalau kobaran api turut membakar permukiman. Memang tidak jauh dari lahan tersebut sangat berdempetan dengan pergudangan dan rumah warga.

Petugas DPKP Cilegon, Yusuf mengungkapkan api berasal dari aktifitas seorang pekerja yang sengaja berniat membersihkan lahan tersebut dengan cara pembakaran. Beruntung kobaran api yang terbilang besar dapat dijinakan tidak kurang dari 10 menit setelah petugas datang kelokasi.

“Kita perjalanan 15 menit setelah menerima laporan.   Kebakaran rumput ilalang yang disengaja ini sudah membuat panit warga sekitarnya,” ucapnya saat ditemui dilokasi, di Lingkungan Kafling RT 10 RW 10, Senin (13/3).

Sementara itu, Siti seorang warga sekitar mengeluhkan  pembersihan lahan dengan cara membakar. Katanya, selain membuat cemas asap akibat pembakaran juga sangat mengganggu.

“Kita takut kita khawatir api ini menyambar kerumah-rumah warga, kerena api nya sangat besar sekali. Belum lagi asapnya bikin sesek dan pedih mata,” tuturnya. (Riko)