Keberhasilan Negara, Didukung Daerah

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang hangat di sela-sela acara.

SURABAYA – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menginisiasi United City and Local Goverment (UCLG) Asia Pacific (ASPAC) Congress ke-7 di Dyandra Convention Center, Surabaya, Kamis (13/9). Kegiatan tersebut dibuka langsung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan serta dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua Apeksi Airin Rachmi Diany menyatakan, kongres ini bisa menjadi pengayaan kepala daerah dalam diskusi forum, bisa saling belajar dan berbagi pengalaman satu daerah dengan daerah lain, terutama dalam mengatasi masalah perkotaan yang berkelanjutan. Menjadi kerangka kerja yang tepat untuk memfasilitasi kebutuhan. “Pertemuan ini diharapkan bisa menyalurkan aspirasi program daerah terutama sustainable development goals (SDG’s) pembangunan. Sesuai dengan pesan Menteri ESDM Ignasius Jonan, keberhasilan negara dimulai keberhasilan tingkat dua dari kota,” ucapnya.

Dekade terakhir ini, sambungnya, masalah yang dihadapi oleh daerah atau negara mungkin hanya berkisar pada pengelolaan limbah, sanitasi, sistem drainase, transportasi, pendidikan, kesehatan, penyediaan perumahan, kemiskinan, pasokan air, dan perizinan. “Sehingga menuntut kita, untuk saling dapat bekerja sama dan berbagi pengetahuan dan bersama-sama belajar. Dengan tujuan akhirnya, menciptakan inovasi dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan dan layak huni,” tambahnya.

Ia juga memberikan dukungan terhadap Walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk menjadi Presiden UCLG Asia Pasific. ”Semoga, bisa menjadi kebanggaan, adanya salah satu anggota Apeksi bisa berkancah di panggung internasional,” tukasnya

Sementara, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengomunikasikan berbagai program yang ada di Kota Tangerang dengan para pejabat yang hadir, dimulai dari Menteri ESDM, Arief meminta kepada Jonan untuk membantu pembangunan PLTSA di Kota Tangerang. “Pak sekarang kita lagi masuk tahap lelang untuk pembangunan PLTSA, ini sudah tiga tahun prosesnya, makanya kita mau konsultasi ke Pak Menteri biar bisa segera terealisir,” ujar Arief saat bertemu dengan mantan menteri Perhubungan tersebut.

Jonan pun setuju untuk membantu pembangunan PLTSA di Kota Tangerang, tetapi Jonan meminta agar pemda juga menyiapkan lahannya. “Pak Wali silakan kirim surat ke saya biar nanti PLN yang membangun, karena ini progresnya lambat,” tutur Jonan.

Selain Jonan, Arief juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan Anies Baswedan untuk membahas soal penyelesaian masalah kemacetan dan banjir di perbatasan DKI Jakarta dan Kota Tangerang. Arief berharap agar Anies bisa melanjutkan program pembangunan elevated busway di Kota Tangerang termasuk juga kerja sama lain yang dulu pernah terjalin semasa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. “Pak Gubernur elevated busway itu efeknya luar biasa bagi Kota Jakarta dan Tangerang karena banyak warga yang memanfaatkannya termasuk yang tinggal di Larangan maupun Ciledug. Dan terbukti bisa mengurai kemacetan di daerah perbatasan,” papar Arief.

“Ya mungkin ke depan kita bisa adakan forum yang bisa membahas hal itu lebih lanjut Pak,” sambung Arief yang langsung disambut anggukan oleh mantan menteri Pendidikan RI yang juga berjanji akan segera menindaklanjuti usulan tersebut.

Acara Konggres UCLG ASPAC dibuka dengan sangat meriah oleh Dirjen Otda Sumarsono. Dalam sambutannya Sumarsono kembali mengingatkan pentingnya kolaborasi dari berbagai kota untuk memecahkan berbagai persoalan yang sama.

Hal senada juga disampaikan oleh Maimunah M Sharif, Direktur Eksekutif UN Habitat, yang mengingatkan tantangan pembangunan ke depan mulai dari banjir, sanitasi, pengangguran, dan juga pertumbuhan populasi yang harus bisa dipecahkan bersama oleh para kepala daerah yang tergabung dalam UCLG. “Perlu inovasi untuk memecahkan semua permasalahan tersebut,” tutup Maimunah melalui rekaman video. (dai/you/RBG)