Kebersihan dan Partisipasi Warga RT 12 Turus Wetan Meningkat

0
375 views

WALANTAKA – Kebersihan dan partisipasi warga RT 12 RW 01, Lingkungan Turus Wetan, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka, ditunjukkan kepada Tim 4 Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warga percaya diri menghadapi penilaian tahap dua lomba ini, kemarin (10/9).

Kedatangan tim juri disambut dengan penampilan ibu-ibu grup kasidah RT 012. Cukup meriah.

Penataan lingkungan di kampung ini semakin menghijau. Hampir di semua pekarangan rumah terdapat pot tanaman.

Tim juri perwakilan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Serang Yani Karliani mengaku senang dengan perubahan di RT 012. ”Kebersihan dan partisipasi warganya sangat tinggi,” katanya kepada Radar Banten.

Ia mengatakan, hampir di semua lokasi, di jalan maupun pekarangan rumah warga, tak ada sampah plastik. Penempatan pot tanamannya pun rapi. Di sepanjang jalan sekira 300 meter, dari gapura sampai bagian dalam permukiman, di kanan dan kirinya menghijau. ”Bersih dan hijau. RT 012 luar biasa,” ujar Yani menilai.

Juri bidang keamanan dari Polres Serang Kota Aipda Agus Hadianto menjelaskan jika pos ronda RT 012 sudah dihias. Namun, kekurangannya adalah pada peralat keamanannya. Warga belum melengkapinya. Belum ada borgol, nomor aparat keamanan dan nomor telepon penting lainnya, serta buku mutasi tamu.

”Tapi, SK (surat keputusan dari lurah-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungannya lengkap,” jelas Agus.

Ketua RT 012 Rosita mengakui jika LRLA Kota Serang 2020 sudah membuat kampungnya berubah. Ibu-ibu dan pemuda di kampungnya jadi termotivasi untuk merawat tanaman.

”Ibu-ibu pada beli pot tanamannya sendiri. Pemudanya juga kompak. Semoga kami juara,” harap Rosita. (mg06/don)