Kebersihan dan Pos Ronda, Target Warga Parigi

PETIR – Membersihkan lingkungan dan melengkapi sarana prasarana pos ronda. Dua hal itu kegiatan utama warga RW 004, Kampung Parigi, Desa Cirangkong, Kecamatan Petir, menata kampungnya. Diharapkan rampung sebelum penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 dimulai, awal Desember nanti.

Secara bertahap, lingkungan Parigi berubah. Mulai dari gapura, pengecatan tembok penahan tanah pada saluran drainase, pembuatan pos ronda, hingga pemagaran jalan menggunakan kayu limbah palet.

“Memang, kami di (penilaian-red) tahap pertama (Kamis, 14/11-red) belum maksimal. Tapi, mudah-mudahan tahap kedua kita bisa lebih baik,” kata Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cirangkong Asep Awaludin saat berbincang dengan Radar Banten, Rabu (27/11).

Untuk meraih nilai tinggi, menurut Asep, BPD Cirangkong telah bermusyawarah dengan warga dan tokoh masyarakat Parigi. Mereka membahas persiapan penataan kampung untuk penilaian tahap kedua.

Menurut Asep, penataan lingkungan Parigi disesuaikan dengan catatan dan masukan tim juri LKBA saat melakukan penilaian tahap pertama. Salah satunya, terkait kebersihan lingkungan. “Rencananya, kami akan membuat siring atau drainase, penyediaan tanaman, dan bak sampah. Temasuk pengecatan pos ronda dan kelengkapan lainnya,” terang Asep.    

Asep yang ditunjuk oleh warga sebagai koordinator penataan lingkungan Parigi menjelaskan bahwa pembangunan saluran drainase merupakan program jangka panjang, bukan hanya untuk kepentingan LKBA. “Jadi, memang ini program jangka panjang. Tapi, sekalian saja ada perlombaan,” ujarnya.

Kendati tidak masuk nominasi juara LKBA, ia berharap, Parigi menjadi percontohan bagi kampung lain di Cirangkong. “Banyak yang bilang kalau kampung kami, warganya paling kompak. Alhamdulillah,” ujarnya.

Senada dikatakan Sekretaris Desa Cirangkong Deni Wahyudi. Katanya, penataan lanjutan dilakukan pada pekan ini. Warga, pengurus RT dan RW di Parigi, serta aparatur desa disebutkan semakin antusias menata lingkungan Parigi setelah penilaian tahap pertama. “Rencananya, hari Jumat (29/11) mulai penataan,” pungkasnya. (fdr/don/ira)