Kebersihan Jadi Catatan Juri

CIPOCOK JAYA – Pagar sudah dicat rapi. Pot-pot bunga juga sudah berjejer. Lingkungannya pun relatif hijau. Hanya saja, kerapian dan kebersihannya masih belum dipoles maksimal.

Itulah pengamatan Tim 7 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 di RT 01 dan RT 02, Senin (11/5). Kedua RT berada di RW 11, Lingkungan Turus, Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya.

Begitu memasuki RT 02, pagar warna- warni berjejer rapi di kanan-kiri jalan. Di luar pagar, puluhan pot bunga beragam jenis tertata rapi. Namun, sampah plastik masih terlihat di sana-sini.

Demikian juga di RT 01 yang berbatasan langsung dengan RT 02 RW 11, Lingkungan Turus. Kondisinya relatif lebih indah. Selain pagar dan bunga sudah ditata, jalan lingkungannya diberi lis. Membuat jalan makin terlihat indah. Tapi, penanganan sampah plastik juga menjadi catatan juri.

Sementara, RT 02 RW 08, Lingkungan Susukan, Kelurahan Panancangan, baru sebatas penataan dan pengecatan pagar. Juri tidak menemukan bunga di RT ini.

Lurah Panancangan H Syarif mengakui, persiapan LRLA di Lingkungan Susukan memang belum selesai. “Baru sebatas pagar. Mudah-mudahan, nanti abis Lebaran dilanjutkan lagi. Dan, siap untuk mengejar kekurangan enam kriteria penilaian di setiap RT yang ikut lomba,” tekadnya mendampingi tim juri saat melakukan penilaian ketiga RT.

Dari pengamatan juri, perkampungan di Lingkungan Susulan dan Lingkungan Turus yang ikut LRLA, relatif mudah ditata. Saluran air di kanan- kiri jalan permanen dan rapi. Jalannya cukup lebar dan sudah dihotmiks. (wid/don)