Kebersihan, Perhatian Utama Warga RT 02 Hegaralam

0
849 views

SERANG – Kebersihan lingkungan RT 02 RW 022, Lingkungan Hegaralam, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, menjadi perhatian utama warganya. Hingga kemarin (26/8), sampah masih menjadi permasalahan di kampung ini untuk berkompetisi di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Sampah plastik masih ditemukan di beberapa sudut RT 02. Namun, perlahan tapi pasti, warga berusaha menanganinya. Penataan RT 02 terus menunjukkan kemajuan.

Perkampungan ini mulai meninggalkan kekumuhan. Tumpukan sampah di lahan kosong dibersihkan oleh warga. Tempat pembuangan sampah ini akan dijadikan lapangan voli.

Saluran pembuangan air limbah diperbaiki oleh warga. Pot tanaman bercat warna-warni sebagai upaya penghijauan pun disebar.

Ketua RT 02 Bahtiar mengatakan, semangat dan kekompakan warganya bertambah setelah kedatangan tim juri LRLA pada penilaian tahap pertama. Warga yang semula sekadar bersih-bersih biasa dan membuat mural, menjadi lebih maksimal menata kampungnya.

”Memang fokus utamanya kebersihan, tapi manfaatnya banyak,” kata Bahtiar kepada Radar Banten, Rabu (26/8). “Kita juga ada swadaya warga. Seikhlasnya,” sambungnya.

Persyaratan administrasi LRLA, menurut Bahtiar telah dipenuhi. Dokumen pengesahan kelompok sadar hukum maupun kelompok pemuda penggerak lingkungan RT 02 telah dikantongi. Dokumentasi kegiatan gotong royong dan catatan swadaya juga telah dibuat.

”Cuma, kita belum melengkapi alat keamanan di pos ronda,” ujar Bahtiar.

Rudi Saputra, pemuda RT 02, mengaku senang dengan adanya LRLA. Sejak ikut lomba, kampungnya menjadi lebih resik. Kegiatan siskamling pun aktif lagi. ”Lomba ini bikin warna baru di kampung saya,” ungkapnya. (mg06/don)