Kebersihan RT 01 Buahlaler Menakjubkan

0
374 views

TAKTAKAN – Warga RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, Kelurahan/Kecamatan Taktakan, mampu membuktikan tekad mereka menjadikan kampungnya resik. Warga konsisten menjaga kebersihan lingkungannya sejak penilaian tahap pertama. Tim 2 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 pun mengapresiasi keberhasilan warga RT ini.  

Partisipasi warga RT 01 saat menyambut kedatangan juri pada Jumat (3/9) juga patut diapresiasi. Sejak awal kedatangan juri, ibu-ibu warga kampung ini memberi penyambutan meriah. Grup kasidah RT 01 berseragam biru bersemangat melantunkan shalawatan.

”Sekarang, kebersihannya makin menakjubkan. Salut sama warga yang sudah menjaga kebersihan lingkungannya,” kata Hj Eti Mulyati, anggota Tim 2 Juri LRLA.

Pantauan Radar Banten selama proses penilaian RT 01, tidak ditemukan sampah plastik yang tercecer di perkampungan ini. Tanda bahwa warganya mulai menyadari pentingnya kebersihan lingkungan.

Namun, Eti menyayangkan lantaran penghijauannya masih minim. Pot tanaman hanya di beberapa rumah warga saja. Penempatan tanaman di lingkungan RT ini juga tidak menyeluruh. Masih ada gang dan pinggir jalan tanpa penghijauan.

”Harusnya bisa dimanfaatkan lahan kosong itu buat ditanami dengan pot atau tanaman obat keluarga,” saran Eti.

Sementara, Ipda Sugianto yang bertugas menilai keamanan lingkungan menyatakan, RT 01 sudah memenuhi semua persyaratan lomba. Persyaratan administrasi pembentukan kelompok sadar hukum dan alat kelengkapan pos ronda telah lengkap. ”Keamanannya juga kondusif. Tidak pernah terjadi tindak pidana,” tegasnya.

Lurah Taktakan Erlinawati mengaku puas dengan hasil penataan warga RT 01. Meski masih ada kekurangan, tapi ia tak menyangka jika juri mengapresiasi kebersihan lingkungan RT ini.

”Enggak apa-apa deh RT 01 enggak masuk juara. Yang penting, warga sudah berusaha maksimal,” ungkap Erlinawati. (mg06/don)