Kebersihan RT 02 Jadi Catatan Juri

SERANG – Kebersihan lingkungan RT 02 RW 023, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, menjadi catatan Tim 4 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Partisipasi warganya dalam menjaga kebersihan lingkungan perlu ditingkatkan.

“Yang masih perlu dibenahi di lingkungan ini, salah satunya meningkatkan kebersihan lingkungannya. Saya rasa, sekarang baru sekitar 50 persen. Keberadaan kelompok pemuda (penggerak ligkungan-red) juga perlu dilengkapi SK (surat keputusan-red) dari kelurahan. Kelompok sadar hukum juga perlu diaktifkan lagi,” kata Pelda Rakhmat Hidayat, anggota tim 4, saat melakukan penilaian, Senin (4/5).

Dijelaskan Rakhmat, perlunya kelompok sadar hukum RT 02 diaktifkan adalah untuk meningkatkan keamanan lingkungan. Kendati RT di Lingkungan Kesuren ini sudah dinilai aman, kelompok sadar hukum bisa mengantisipasi peredaran minuman keras dan narkoba. Serta, tindak pidana lain.

Pos ronda RT 02 juga menjadi catatan tim juri. Sebab, bangunannya dinilai tidak representatif. Peralatan keamanannya pun masih minim.

“(Pos ronda-red) masih belum permanen dan di lahan orang. Kegiatan ronda malam juga perlu ditingkatkan lagi walau sudah ada jadwalnya,” ujar Rakhmat.

Soal penataan lingkungan, warga RT 02 sudah melakukannya. Warga memanfaatkan kain bekas untuk dijadikan pot untuk menanam bunga dan tanaman hias lainnya. Keberadaannya ditemukan di rumah-rumah warga RT ini.

“Rencananya, lahan kosong di tengah lingkungan akan kami jadikan taman bunga. Sekarang masih tahap pembangunan dan belum selesai,” kata Selly Sanefa, Ketua RT 02.

Penataan yang dilakukan warga RT 02 telah mengubah kondisi perkampungan ini. RT 02 yang dulu terkesan kumuh, beranjak lebih tertata.

“Jujur, dulu lingkungan kami kumuh. Sekarang sudah banyak berubah, meskipun masih banyak yang perlu dibenahi. Tapi sudah lebih baik dari sebelumnya,” kata Agus Saefudin, warga RT 02. (rio/don)