Kebersihan, Tantangan Pengurus RT 08 Trangganan

0
802 views

KASEMEN – Persiapan menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 mulai dilakukan. Kendala paling besar di RT 08 RW 02, Lingkungan Trangganan, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, adalah soal kebersihan. Dan itu menjadi tantangan terbesar bagi pengurus RT.

Persiapan warga RT ini baru sedikit. Di antaranya, bergotong royong membersihkan area tempat pemakaman umum (TPU) dan pengecatan jalan gang. “Kami sudah membersihkan kawasan makam agar tidak kumuh dan terlihat terang. Pengecatan paving block juga sudah dilakukan warga dengan bantuan para pemuda,” jelas Amsori.

Hasil penataan lingkungan RT 08 belum banyak mengubah wajah kampung ini. Masih tampak kumuh.

“Di sini (RT 08-red) sulit pak. Sudah saya imbau (warga untuk menjaga kebersihan-red), tetap saja warganya masih belum berubah. Saya meminta agar sebelum membuang sampah minimal dipilah dulu sebelum dibuang, tapi kayaknya sulit warganya,” ujar Ketua RT 08 Amsori.

Kampung ini memang belum dilengkapi tempat pembuangan sampah sementara. Amsori mengaku telah beberapa kali mengajukan bantuan temapt pembuangan sampah. Namun, belum direalisasikan.

Pendi, Ketua Pemuda RT 08, menambahkan bahwa kesulitan lain adalah warga di kampungnya sulit diajak bergotong royong. Makanya, pemuda menjadi harapan RT ini untuk bisa berkompetisi di LRLA.

“Pemuda memang didorong untuk membantu. Salah satu hasilnya ya pos ronda dan pengecatan paving block. Walau tidak semua membantu, tetapi penataan tetap berjalan,” ujar Pendi. (rio/don)