Kebersihan Tirtayasa Blok Masjid Diawali dari Makam Sultan

TIRTAYASAKebersihan area makam Sultan Ageng Tirtayasa di RT 03 RW 01, Kampung Tirtayasa Blok Masjid, menjadi perhatian. Warga kampung ini bertekad menjaganya agar tidak dikotori dengan sampah. Pemerintah Desa Tirtayasa, Kecamatan Tirtayasa, pun akan mendorong tekad warga Tirtayasa Blok Masjid itu agar menjangkau semua lingkungan di kampung ini.   

Pendamping Lokal Desa (PLD) Tirtayasa Andi Fauzi mengakui jika makam Sultan Ageng Tirtayasa menjadi potensi unggulan desanya. Makanya, tahap awal penataan kampung terkait Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019, pemerintah desa akan mengawalinya dengan kebersihan area makam pahlawan nasional asal Banten itu.

Kemudian, lanjut Andi, pihak desa akan mengajak warga Tirtayasa Blok Masjid untuk bergotong royong membersihkan lingkungan kampung mereka. “Biar lingkungan tidak kumuh, sampah-sampah tidak berserakan, kita akan ajak masyarakat bergotong royong dengan melibatkan pemuda setempat. Gotong royong dikonsenstrasikan pada pembersihan got agar saluran air bebas dari sampah,” katanya saat ditemui Banten Raya TV (grup Radar Banten) di Kantor Desa Tirtayasa, Selasa (14/10).

Bersamaan dengan itu, warga di belakang Kantor Desa Tirtayasa itu diajak menghijaukan kampung mereka. “Biar suasana kampung asri, indah dan nyaman, kita akan lakukan penghijauan. (Diimbau-red) di setiap rumah warga agar ditanami tanaman seperti tanaman hias,” ujar Andi. 

Lomba Kampung Bersih dan Aman ini diharapkan dapat merubah pola hidup warga Tirtayasa Blok Masjid. Sehingga, perkampungan ini tidak kumuh. “Sedikit demi sedikit, kita akan ubah mindset warga untuk bersama-sama menciptakan kebersihan lingkungan yang bersih dan nyaman,” harapnya.

Ketua RT 03 RW 01, Kampung Tirtayasa Blok Masjid, Haerudin menyatakan bahwa warganya menyambut positif perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten dengan total hadiah bernilai Rp900 juta itu. Warga lingkungan ini, disebutkan siap melaksanakan kebersihan dan keamanan kampung mereka. Gotong royong membersihkan lingkungan akan dilakukan satu bulan sekali.

“Untuk kebersihan lingkungan, warga mudah dikomunikasikan. Warga juga kita imbau agar tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Haerudin.

Di kampung ini, Haerudin menyebutkan, dilengkapi dengan dua poskamling. Setiap malam, warga Tirtayasa Blok Masjid rutin ronda menjaga keamanan.

“Selama ini, tidak pernah terjadi tindak kriminalitas. Masyarakat juga menyambut baik adanya bhabinkamtibmas dan babinsa di Tirtayasa yang rutin mengontrol warganya. Pihak RT juga memberlakukan aturan tamu wajib lapor dalam 1 x 24 jam,” tegas Haerudin. (jay/ang/don)