Petugas mengangkut gerobak pedagang di Jalan Lingkar Selatan.

CILEGON – Aparat Kecamatan Cibeber bersama Satpol PP Kota Cilegon, Koramil Cilegon, dan anggota Polsek Cibeber menertibkan sejumlah aset Pemkot di atas trotoar Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, Selasa (30/8).

Camat Cibeber, Kota Cilegon, Noviogi Hermawan mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Serang. “Memang ini masuknya wilayah Kabupaten Serang, tapi trotoar ini punya Kota Cilegon. Jadi semua reklame tidak ada yang berizin dicabut saja, bawa ke kecamatan untuk diamankan,” katanya.

Noviogi menjelaskan, baik kanan maupu kiri trotoar jalan seluruhnya akan ditertibkan, termasuk kanopi bangunan yang masuk ke trotoar. “Kita ingin trotoar ini bersih, jangan ada yang menganggu keindahan,” katanya.

Kasi Trantib Kecamatan Cibeber Ipan Zaenudin mengaku telah memberikan surat peringatan sebanyak tiga kali kepada para pemilik bangunan dan reklame di jalan itu. “Kita tidak menyita, hanya diamankan. Kalau mau diambil silakan ke kecamatan. Sebelumnya mereka telah berkali-kali kita peringatkan,” ujarnya.

Endah, salah seorang pedagang yang terkena penertiban, merasa petugas gabungan tebang pilih dan tidak melakukan penertiban secara menyeluruh. “Yang di sanabelum, padahal saya kena. Kan sama-sama saja di atas trotoar,” ucapnya. (Riko)