Kecamatan Kibin Juara Umum MTQ Kabupaten Serang

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menyerahkan piala juara umum MTQ ke-48 kepada Camat Kibin Tabrani.

SERANG – Kafilah Kecamatan Kibin meraih juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten Serang pada 12-16 Februari 2018 di Desa Sukadalem, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang.

Dengan prestasi ini, Kecamatan Kibin mampu mempertahankan juara umum MTQ yang diraihnya tahun 2017.

Dari 29 Kecamatan se-Kabupaten Serang yang mengikuti MTQ ke-48, rangking posisi 10 besar yaitu Kecamatan Kibin meraih poin 75, Kramatwatu 59 poin, Waringinkurung 57 poin, Gunungsari 27 poin, Lebak Wangi 22 poin, Pulo Ampel 16 poin, Ciruas 16 poin, Kragilan 15 poin, dan Tirtayasa 13 poin.

Sedangkan juara pawai taaruf dimenangkan oleh tuan rumah, Kecamatan Waringin Kurung, disusul Kecamatan Kopo peringkat kedua dan peringkat ketiga Kecamatan Baros.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa saat sambutan acara penutupan meminta LPTQ Kabupaten Serang agar segera memberikan pembinaan terhadap para calon peserta, yang akan diikutsertakan dalam pertandingan MTQ Tingkat Provinsi Banten. “Dewan Hakim Pembina, diharapkan agar dapat memberikan bimbingan dan pembinaan secara maksimal untuk memantapkan kesiapan para peserta MTQ Kabupaten Serang ke tingkat Provinsi Banten,” jelasnya, Jumat (16/2).

Ia mengimbau kepada para Camat yang kontingennya menjadi juara, harus terus melakukan dorongan dan dukungan dengan cara komunikasi dengan para peserta. Diharapkannya, peserta tidak keluar dari Kabupaten Serang dan tetap memberikan kontribusi kepada Kabupaten Serang.

Menurutnya, penyelenggaraan MTQ tahun ini sangat bagus. “Antusiasme masyarakat untuk berkegiatan  MTQ juga tinggi. Harapan kami bagaimana hasil seleksi ini mampu berbicara tingkat Provinsi. Karena kualitas itu, kami akan uji di MTQ Provinsi,” tuturnya.

MTQ tingkat Provinsi Banten sebentar lagi. Untuk itu, sambung Pandji, juara terbaik tingkat Kabupaten Serang ini harus terus dilakukan pembinaan lanjutan agar target juara umum bisa tercapai.

Penutupan alam MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Serang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Sekda Agus Erwana, Kapolres Serang, Dandim 0602 Serang Czi Harry Praptomo, para Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Serang.

Asda II Kabupaten Serang sekaligus Ketua Panitia MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Serang Irawan Noer mengatakan, bagi para juara MTQ akan segera dikumpulkan untuk diberikan pembinaan dan pelatihan lebih intensif untuk persiapan mengikuti pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Banten. “Mudah-mudahan qari-qariah kami dapat menjadi duta yang akan mengharumkan nama besar Kabupaten Serang,” tandasnya.

Ditemui usai pengumuman juara MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Serang, Camat Kibin Tabrani mengatakan, raihan juara umum ini merupakan prestasi yang luar biasa. Ia akan terus melakukan pembinaan di setiap desa-desa. “Ke depan kami akan meningkatkan lagi untuk berprestasi lagi. Ada yang tadinya juara dua, jadi satu,” paparnya.

Tabrani mengatakan ada 50 orang yang ia kirim ke MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Serang. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).