Kecamatan Serang Pasien Covid Tertinggi

0
861 views
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SERANG – Kecamatan Serang menjadi wilayah paling banyak terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Serang sejak bulan Maret lalu. Dari total 14 pasien positif Covid-19, delapan pasien berdomisili di Kecamatan Serang.

Berdasarkan Peta Sebaran Covid-19 di wilayah Kota Serang, per 7 Juni 2020. Kecamatan Serang terdapat delapan pasien positif Covid-19. Empat pasien dalam perawatan, tiga pasien dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia.

Lalu, Kecamatan Curug sebanyak dua pasien. satu pasien dalam perawatan, dan satu pasien dinyatakan sembuh. Disusul, Kecamatan Cipocokjaya, dua pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan Kecamatan Walantaka berjumlah satu pasien yang masuk dalam perawatan, dan Kecamatan Taktakan satu pasien yang dinyatakan sembuh. Untuk Kecamatan Kasemen hingga kini belum ditemukan kasus pasien Covid-19.

“Totalnya ada 14 pasien. Kalau dilihat datanya terbanyak di Kecamatan Serang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal kepada kepada Radar Banten, kemarin.

Ikbal menjelaskan, delapan pasien positif di Kecamatan Serang, itu tersebar di Kelurahan Unyur, Kelurahan Serang, dan Kelurahan Kagungan. “Hampir semuanya OTG (orang tanpa gejala-red). Terakhir, itu pasien 14 berasal dari Kelurahan Serang,” terangnya.

Kata dia, pasien terkonfirmasi positif di Kota Serang berasal dari kontak langsung dan penularan dari cluster yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. Seperti yang terjadi pada pasien 13 di Kecamatan Curug, terjadi karena kontak langsung dari cluster PT PEMI. “Karena memang aktivitas warga di Kecamatan Serang kemungkinan kontaknya sangat besar, sesuai aktivitasnya,” terangnya.

Secara umum, kata Ikbal, sebaran Covid-19 di kota Serang masih tergolong landai. “Kalau dilihat grafiknya masih landai. Mudah-mudahan trendnya tidak naik. Alhamdulillah yang dinyatakan sembuh sudah ada tujuh pasien,” katanya.

Ikbal berharap masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menjalankan social distancing. “Saya berharap tetap menjaga protokol kesehatan. Karena kita tengah mempersiapkan new normal sebagaimana yang dicanangkan pemerintah pusat,” harapnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Serang, W Hari Pamungkas mengatakan, kasus temuan positif terkini berinisial AH. Lelaki yang bekerja sebagai tenaga medis di Kota Serang ini telah dirawat di Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranegara (RSDP) Kabupaten Serang. “Pasien bekerja di salah satu rumah sakit swasta sebagai tenaga medis. Pria berinisial AH, umur 56 tahun. Warga Kelurahan Serang,” katanya.

Pasien bernomor 14 ini bersama keluarganya memiliki riwayat perjalanan ke zona merah, untuk melaksanakan tradisi mudik hari raya Idul Fitri. Setelah berkunjung, merasa tak enak badan dan melakukan tes swab di Kimia Farma Kota Serang (29/5). “Kasus ke-14 ini merupakan kasus terbaru, di luar dari beberapa klaster yang ada. Tambahan kasus ini merupakan akibat ketidakdisiplinan masyarakat atas anjuran pemerintah,” pungkasnya. (fdr/nda)