Kedayon Punya Dua RTH

0
1.065 views

CURUG – Ruang terbuka hijau (RTH) menjadi komponen penilaian dalam kategori lingkungan paling hijau Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Dan itu menjadi salah satu poin yang diincar oleh warga RT 07 RW 02, Lingkungan Kedayon, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug. Dua RTH di lingkungan ini diharapkan bisa meraih nilai tertinggi.

Saat mengunjungi Kedayon, Rabu (18/3), dari pintu masuk perkampungan ini, Radar Banten telah merasakan keasrian. Di dekat gapura, terdapat RTH yang diberi nama Taman Baca Kedayon. Tanaman hias dan bunga pun mewarnai setiap pekarangan rumah warganya Kedayon. 

Satu lagi RTH berada di bagian tengah permukiman. Namanya, Taman Banyu Kedayon. Pembangunan dua RTH dan penataan Lingkungan Kedayon, telah dilakukan warga sejak Februari 2020.

“Alhamdulillah, warga kompak swadaya dan dibantu dari Kelurahan Kemanisan juga,” ujar Ketua RT 07 RW 02, Lingkungan Kedayon, Saad.

Dua RTH itu dimanfaatkan warga untuk tempat bermain anak-anak. Dua RTH ini menjadi tempat warga untuk ber-swafoto dan bersantai saat sore hari.

“Kalau sore mah rame. Ibu-ibu pada nongkrong, ngajak anaknya bermain dan membaca buku,” kata Saad.

Di sepanjang jalan permukiman sekira 200 meter dengan lebar tiga meter itu, pot-pot tanaman telah berjajar rapi. Sejumlah tanaman obat keluarga (toga) seperti jahe merah, lidah buaya, dan binahong pun tumbuh subur. “Warga juga menanam sayuran seperti tomat, terong, dan cabai,” sebut Saad.

Kedayon yang hijau, menurutnya, diawali pada awal 2020. Saad mengaku, warga mengikuti jejaknya menghijaukan pekarangan rumah. Saad melakukannya setelah jalan di lingkungannya dibangun dengan konstruksi paving block pada Januari 2020. Saat ini, hampir semua pekarangan rumah warga Kedayon telah hijau oleh tanaman.

“Jadi saya hanya mencontohkan. Mungkin kelihatannya bagus, yang lain pada ikutan,” tuturnya.

Untuk lebih mematangkan persiapan Kedayon menyambut tim juri LRLA, Saad berencana melakukan pemagaran di jalan mulai dari bagian depan gapura dan pengecatan. “Kita sudah gotong royong bikin pagar. Tinggal dicat,” ujarnya.

Ketua Pemuda Lingkungan Kedayon Samsuri mengakui hal itu. Menurutnya, persiapan Kedayon menghadapi LRLA sudah 80 persen. Para pemuda menargetkan, penataan lingkungan bisa rampung dua pekan lagi. “Alhamdulillah, pemuda di sini kompak. Hari Minggu besok juga kita kerja bakti lagi,” ujarnya. (mg06/don)